Monday 26 September 2022
spot_img

Kelangkaan Pupuk, Petani Putar Otak Inovasi

  • KOMPOS – Petani mengolah kompos untuk dijadikan pupuk. Di Pinrang, akibat kelangkaan pupuk petani mencoba memanfaatkan teknologi kompos. (ilustrasi)

CELEBESTERKINI.com, Pinrang – Keluhan petani akan sulitnya mendapatkan pasokan pupuk, coba diatasi Pemkab Pinrang.

Salah satunya dengan membangun rumah kompos. Awalnya, kompos yang dihasilkan sebagai salah satu solusi permasalahan sampah rumah tangga ternyata juga dapat dimanfaatkan oleh para petani ditengah kelangkaan pupuk.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang Ir.Sudirman di lokasi Bank Sampah dan Rumah Kompos di Kecamatan Lembang, beberapa waktu lalu.

Sudirman melanjutkan, selain itu, Bank sampah yang juga berdiri diharapkan dapat menyerap tenaga kerja apalagi bagi para warga dimasa pandemi covid-19 saat ini. “Ini adalah salah satu jawaban dari permasalahan sampah rumah tangga yang kita hadapi saat ini,” ungkap Sudirman.

Lebih lanjut Sudirman mengungkapkan, selain memanfaatkan sampah rumah tangga sebagai bahan baku kompos, jerami dan sekam juga dapat dimanfaatkan sehingga produksi pupuk kompos untuk pertanian dapat meningkat dan mengatasi kebutuhan pupuk para petani.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang A.Tjalo Kerrang mengungkapkan, Rumah Kompos yang dibangun diharapkan mampu membantu meningkatkan produksi pertanian para petani, dari pupuk kompos cair dan padat yang dihasilkan, selain minim biaya juga merupakan solusi mengatasi permasalahan sampah utamanya sampah rumah tangga. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru