Tuesday 06 December 2022
spot_img

Kekerasan Anak Marak, DP3APPKB Soppeng Diminta Ciptakan Inovasi Pencegahan

FOTO: Polres Soppeng saat merilis pelaku kekerasan terhadap anak, Selaaa lalu.

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Tindakan pencegahan perlu dipikirkan dan harus segera dicarikan terobosan. Maraknya kekerasan terhadap anak di wilayah Kabupaten Soppeng menjadi sinyal agar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3PPAKB) Kabupaten Soppeng, bisa menciptakan terobosan baru untuk pencegahan.

Polres Soppeng, Selasa (11/2) lalu merilis enam orang terduga pelaku kekerasan terhadap anak. Keenam pelaku ditangkap dalam kasus berbeda, mulai dari pencabulan, membawa lari dan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur. Ironisnya pelaku juga sebagian adalah anak di bawah umur. Kapolres Soppeng, AKBP Puji Saputro Bowo Leksono, S.Ik, mengatakan Polres Soppeng akan melakukan penindakan dan juga tindakan pencegahan agar kasus seperti itu tak terulang.

Akademisi Dr. Dahlan Aritria, M.Pd menyebut peran unit kerja yang membidangi perlindungan anak diperlukan untuk mencegah hal itu. “Jangan hanya berfokus untuk melakukan pendampingan ketika kasus sudah terjadi. Tetapi mesti harus punya banyak inovasi program di sektor pencegahan. Mereka harus banyak turun ke bawah untuk melakukan pembinaan,” kata akademisi yang mengajar di multi PT ini.

Sekertaris DP3APPKB Soppeng, H.Andi Sulkifli, menyatakan pihaknya selama ini telah aktif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan ini akan terus berlanjut kami lakukan agar ada pencegahan di masyarakat. “Kami berharap kepada pihak Kepolisian agar para pelaku ini diberi efek jera, karena kami di Dinas P3APPKB tidak ada toleransi untuk kasus seperti ini,” tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam hal ini Dinas P3APPKB menerima laporan kekerasan terhadap anak dan perempuan melalui Hotline 0811443172, yang online selama 24 jam. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru