Saturday 10 December 2022
spot_img

Kebiasaan Kecil Ini Merusak Ginjalmu

KESEHATAN GINJAL – Rajin konsumsi air putih menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Jarang disadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Jakarta – Organ ginjal berperan penting dalam menyaring zat-zat racun dalam tubuh sehingga kesehatannya harus dijaga.

Rajin konsumsi air putih menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Jarang disadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal.

Jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, tubuh kehilangan kemampuan untuk menyaring darah dan mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Dikutip Kabar Besuki merangkum dari brightside.me, berikut kebiasaan yang dapat merusak ginjal:

  1. Sering Menahan Buang Air Kecil

Sering menahan buang air kecil bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit ginjal. Kebiasaan buruk ini membuat bakteri berkembang biak dan mengganggu kesehatan ginjal.

  1. Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Garam dapat dengan mudah ditemui pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi garam berlebih tidak hanya berisiko memiliki tekanan darah tinggi, masalah kesehatan ginjal juga mengintai seseorang yang konsumsi garam secara berlebihan.

Garam memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh dengan memberikan isyarat pada ginjal kapan harus menahan dan membuang air. Konsumsi garam secara berlebihan akan mengganggu proses ini.

  1. Kurang Konsumsi Air Putih

Fungsi ginjal untuk menyaring racun akan berjalan ketika dalam tubuh terdapat asupan cairan yang cukup. Kurang minum menyebabkan fungsi ginjal menurun.

Kekurangan minum dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit gagal ginjal.

Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih sebanyak 1,5 liter hingga 2 liter per hari.

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Kebiasaan konsumsi alkohol dapat merusak kesehatan ginjal. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring racun dalam tubuh, termasuk alkohol.

Terlalu banyak alkohol yang masuk dalam tubuh menyebabkan perubahan fungsi ginjal. Alkohol juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi juga dapat mengganggu fungsi normal dari organ ginjal.

  1. Banyak Mengonsumsi Gula

Tidak hanya penyakit diabetes, terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Gula menyebabkan hipertensi yang berdampak pada kesehatan ginjal. Selalu perhatikan asupan gula setiap harinya agar kamu terhindar dari penyakit ginjal.

  1. Kurang Gerak

Bekerja di depan komputer menyebabkan seseorang mengalami kurang gerak. Tidak hanya pegal atau masalah pada leher, kurang gerak menyebabkan kesehatan ginjal terganggu.

Aktivitas fisik memengaruhi peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa. Kedua hal ini merupakan faktor penting kesehatan ginjal.

  1. Terlalu Sering Konsumsi Minuman Bersoda

Sebuah penelitian pada 2009 menunjukkan bahwa lebih dari 3.000 wanita yang minum 2 atau lebih soda setiap hari mengalami penurunan fungsi ginjal yang signifikan.

Selain itu, sebuah studi yang dilansir ba-bamail.com, memaparkan jika orang-orang yang minum soda dalam jumlah besar memiliki protein dalam urin mereka. Hal tersebut merupakan salah satu tanda pertama adanya kerusakan ginjal. (*/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru