Home / Nasional / Utama

Rabu, 26 Februari 2020 - 20:52 WIB

Kartu Sembako Kini Jadi Rp 200.000

FOTO: Seorang warga memperlihatkan Kartu Sembako yang baru diperolehnya. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

JAKARTA, CELEBESTERKINI – Anda penerima manfaat Kartu Sembako yang belum lama ini diluncurkan Presiden Joko Widodo. Ini ada kabar baik. Pemerintah memutuskan menambah jumlah klaim kartu itu dari sebelumnya Rp 150.000 menjadi Rp 200.000.

Kementerian Keuangan (Kemekeu) sudah mengeluarkan berbagai insentif untuk menggenjot keuangan nasional ditengah tekanan global. Salah satunya sektor konsumsi melalui kartu sembako.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, pihaknya tidak ingin ekonomi ikut serta akibat global yang makin tidak pasti, terutama akibat penyebaran virus Korona. Ia menyebut, pihaknya melakukan anggaran pada kartu sembako dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat yang meningkat pada kuartal IV-2019 yang berjumlah 5 persen. “Kita memberikan tambahan kartu sembako yang Rp 150 ribu per kartu penerima jadi Rp 200 ribu. Ada kenaikan Rp50 ribu per kartu penerima, ” katanya di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta seperti dilansir Jawapos, Rabu (26/2).

Baca Juga  Ratusan Peserta STQH Butuh Kamar, Penginapan tak Cukup Pemkab Sidrap Booking Puluhan Rumah Penduduk

Menurutnya, dalam menyikapi tantangan pelemahan ekonomi global pemerintah tidak akan mengurangi anggaran. “Dalam kebijakan sikap, harus countercyclical. Kalau ekonomi lemah, saya tidak boleh lemah,” ucapnya.
Penambahan anggaran tersebut, kata Sri Mulyani, akan diberikan kepada pemerintah selama 6 bulan ke depan yang dimulai pada Maret 2020 mendatang. Dengan demikian, akan ada peningkatan anggaran sebesar Rp4,6 triliun.

Baca Juga  Jangan Salah Paham, Tak Ada Pungutan Baru Token Listrik dan Pulsa Telepon

Ia menjabarkan, pada tahun ini anggaran kartu sembako diterima Rp27,36 triliun untuk 15,2 juta penerima. Lalu, dengan mengeluarkan Rp 4,56 triliun tersebut, maka total anggaran kartu sembako menjadi Rp 31,92 triliun. (jwp/mg2)

 49 total views,  3 views today

Share :

Baca Juga

Kriminal

Entah Apa Merasukinya, 3 Remaja Ini Live IG Buka Bra

Kriminal

Mulai Garap Bupati
KPK Cari Proyek Provinsi di Daerah

Daerah

Lawan COVID19 di Sinjai, Pemkab Telah Habiskan Rp6,9 M

SEPUTAR CELEBES

50 Cakep Berebut Jabatan

Kriminal

Cerita Istri Muda Disidang Kasus Bansos Mensos

Makassar

Larangan Berkumpul, Tetap Nikah di Tengah Ancaman Penjara

Nasional

Sah, Haji Tahun Ini Ditiadakan

Makassar

Cerita Korban Kebakaran Kerung-Kerung yang Ketiban Rejeki Nomplok dari Anggota Dewan
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?