Wednesday 28 September 2022
spot_img

Jika Pergi dari Lutim, Ini Rencana PT Vale

PERGI – Aktivitas tambang nikel di lahan PT Vale di Sorowako, Luwu Timur. Kini, mereka menyiapkan berbagai program sebagai persiapan jika suatu waktu meninggalkan daerah ini. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Malili – PT Vale Indonesia yang menguasai lahan konsesi tambang nikel di Luwu Timur, sudah punya rencana jika suatu hari mereka harus hengkang dari daerah ini. Lahan tambang yang makin mengecil menjadi pertimbangannya.

Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, PT. Vale Indonesia menggelar Pelaksanaan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT. Vale Indonesia, sebagai salah satu persiapan pasca tambang itu. Bupati Luwu Timur H. Budiman, menyatakan dalam melaksanakan program tidak ada satupun program yang sempurna semua pasti punya permasalahan dan celah, hal inilah yang perlu dievaluasi termasuk melihat masalah dan kendala diseluruh kawasan yang ada, “Karena ini merupakan program bersama, kita tidak perlu saling tuding, kalau disisi pemerintah ada kelalaian maka pemerintah bersedia untuk memperbaiki begitupun sebaliknya kalaupun di PT.Vale ada distorsi mari kita bersama sama benahi sebagaimana kesepakatan direncana awal selama 5 tahun apa yang harus kita bangun secara bersama sama di wilayah pemberdayaan” ungkap Bupati di Malili, beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan Rakor PKPM antara Pemkab Lutim dengan PT Vale di Malili, beberapa waktu lalu. (lutimkab)

Mengenai pelaksanaan Program Pengembangan Kawasan Desa Mandiri (PKPM) PT.Vale, H. Budiman mengatakan intinya bahwa program ini harus berdampak positif bagi masyarakat, sehingga betul betul bisa manfaatnya bisa dirasakan bagi masyarakat. “Saat ini telah terbentuk kluster-kluster yang berada 10 kawasan pemberdayaan PT. Vale sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing kawasan. Kawasan-kawasan ini saya minta agar bisa lebih memfokuskan diri dalam menyusun program-program sesuai potensi masing-masing,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Direktur Support and Site Services PT Vale Agus Superiadi agar program program PKPM PT. Vale benar benar dapat bermanfaat dan efektif dan berdampak positif terutama berperan dalam mengentaskan kemiskinan didaerah daerah terdampak akibat aktifitas tambang. “Saya mewakili PT. Vale berharap agar dana CSR ini bisa dibuatkan program program yang prioritasnya bisa meneduh masyarakat yang belum beruntung , itu yang ada dibenak kita pada saat kita membuat program” ujarnya.

Menurutnya, PT. Vale punya keinginan besar agar suatu saat apabila aktivitas tambang sudah tidak beroperasi dapat berkontribusi yang bisa meninggalkan sesuatu yang bermanfaat. “Maka dari itu program program perlu dievaluasi secara hal ini dimaksudkan untuk mencapai hasil yang optimal dalam setiap program yang dilaksanakan” tambahnya.

Di Lutim, PT. Vale mempunyai 10 kawasan pengembangan PKPM, yang terdapat di 4 kecamatan wilayah pemberdayaan. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru