Wednesday 01 February 2023
spot_img

Jaga Diri, 1 Polisi di Soppeng Jaga 750 Warga

  • PATROL MOBILE – Kabupaten Soppeng masih kekurangan jumlah polisi untuk menjaga seluruh warganya. Polres Soppeng melahirkan berbagai inovasi untuk mengatasinya. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Kamis, 18 Agustus 2022, Polres Soppeng kedatangan tambahan 12 personil baru yang merupakan Perwira Remaja lulusan SPN Batua tahun 2021 – 2022.

Namun rupanya tambahan personil itu masih jauh dari cukup untuk mencapai ratio jumlah polisi berbanding warga di sebuah wilayah.

Mungkin tak banyak yang tahu, jumlah personil polisi di Soppeng tak lebih dari 350 orang. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 260.000 orang, maka ratio yang ada sekarang di angka 1 berbanding sekira 750. “Artinya, satu polisi kita menjaga lebih dari 750 orang warga di Soppeng ini. Idealnya, satu polisi untuk 350 orang,” kata Kapolres Soppeng, AKBP Santiaji Kartasasmita, Kamis 18 Agustus 2022.

Kondisi kekurangan personil itu disadari benar oleh jajaran Polres Soppeng. Maka, untuk mengatasi kondisi itu mereka membuat banyak terobosan untuk mengatasinya. “Kita efektifkan penyadaran tentang bagaimana masyarakat bisa menjadi polisi bagi diri dan lingkungannya,” kata Santiaji.

Polres Soppeng bisa membentuk Program Patroli Mobile dengan sasaran tertentu. Langkah ini diambil untuk mempersempit peluang terjadinya tindak kriminal.
“Dengan hadirnya program ini beberapa waktu kedepan selama kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan konsisten mudah-mudahan kita dapat meminimalkan tindak kriminal di daerah pemukiman warga,” ujarnya.

Penciptaan situasi kondusif juga terus dilakukan dengan melibatkan tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas dan tentunya pemerintah daerah. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru