Saturday 10 December 2022
spot_img

Isi Sembako PSBB Makassar, Dari Ikan Sarden Hingga Odol

FOTO: Walikota Makassar Iqbal Suhaeb meninjau gudang persediaan sembako untuk dibagikan pada masa PSBB. (istimewa)



CELEBESTERKINI – Pemerintah Kota Makassar menginginkan warga Makassar terutama kaum marginal untuk tetap di rumah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tanggal 24 April – 7 Mei 2020 mendatang.

Untuk itu, Pemkot telah menyiapkan bahan pangan kepada mereka yang diharapkan bisa bertahan selama masa PSBB itu. Minggu (19/4/2020), Pemkot Makassar merilis persediaan sembilan bahan pokok (sembako) yang akan dibagikan. “Kami berharap jumlah itu bisa membuat penerima bertahan hingga dua pekan atau bahkan sebulan,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Dr. Mukhtar Tahir yang dikonfirmasi CELEBESTERKINI, Minggu malam.

Isinya cukup beragam dan terhitung banyak macamnya. Diantaranya, beras ukuran 5 kg sebanyak 2 zak, gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter, susu 4 kaleng, ikan sarden 10 kaleng, mie instant 4 dus, sabun mandi 2 batang, sabun cuci pakaian 2 bungkus, pasta gigi 2 buah dan sabun cuci piring 2 bungkus. “Nilainya dikisaran Rp 500 ribuan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb juga sudah memperlihatkan persediaan sembako itu di lokasi penyiapan sembako yang berada di gudang Kawasan Industri Makassar (Kima) dan PT Pertani Persero Cabang Sulsel, Jl Sudirman.

Di kesempatan itu, Iqbal menekankan kevalidan data penerima sembako.
‘’Penerima sembako harus warga yang terkena dampak Covid-19. Utamakan dulu yang paling terdampak, seperti mereka yang kurang mampu, kategori miskin, yang terkena pemutusan hubungan kerja imbas dari pandemi ini,” ujar Iqbal.

Iqbal meminta data penerima harus valid sehingga penyaluran bantuan tepat sasaran. Proses distribusinya juga harus diatur agar tidak ada penumpukan warga.

Mukhtar Tahir menuturkan bahwa penyaluran sembako akan dilaksanakan secara bertahap. Yang didahulukan mereka yang berprofesi sebagai tukang becak, pemulung, karyawan yang mengalami PHK, mereka yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan sejenisnya. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru