Tuesday 06 December 2022
spot_img

Ini Cara Soppeng Lawan Keterbatasan Pangan Akibat COVID-19

FOTO: Pemanfaatan pekarangan rumah untuk mengatasi kelangkaan pangan di tengah wabah COVId-19.



CELEBESTERKINI – Daripada terus mengeluhkan dampak COVID-19 yang juga menghantam sektor ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Soppeng memilih mendorong kemandirian warganya dalam pemenuhan pangan.

Menggunakan potensi geografis daerah yang dianugerahi tanah yang subur dan lahan pekarangan rumah tangga yang luas, Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi, Razak, SE mengeluarkan surat edaran yang di tujukan kepada, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan PPL.

Surat edaran yang bernomor 521/497/Pertanian/IV/2020, Tanggal 16/April/2020, tentang himbauan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman hortikultura (Sayuran/Umbi-umbian/Buah/Toga) sebagai antisipasi dampak corona virus disease (Covid-19).

Hal ini juga ditempuh agar warga bisa betah di rumah karena ada aktivitas dan bisa tetap mematuhi anjuran physical distancing (menjaga jarak), social distancing (menghindari kerumunan), serta mengurangi aktivitas keluar rumah.

Salam edarannya Bupati meminta warga melakukan kegiatan dalam mengoptimalkan fungsi pekarangan atau lahan di sekitar kediaman masing-maaing untuk melakukan Gerakan Menanam Tanaman Hortikultura, antara lain:
Umbi-Umbian (Ubi Kayu, Ubi Jalar. dll), Tanaman Sayuran (Tomat, Cabe, Sawi, Kangkung. Kacang Panjang, Terong, Tanaman Obat Utama (kunyit, Kencur, Temulawak, Jahe dan Lengkuas).

Selanjutnya, Bupati memerintahkan kepada petugas Penyuluh Pertanian lapangan (PPL) setempat untuk fasilitasi teknologi dan inovasi pola pekarangan dengan melakukan pendampingan kepada warga. “Untuk fasilitasi benih/bibit hortikultura terutama sayuran maka Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng akan menyiapkan benih/bibit sayuran (kangkung, sawi, tomat, terong, kacang panjang, cabe rawit) untuk setiap Desa/Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Soppeng,” tulis Bupati. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru