Saturday 10 December 2022
spot_img

Imunisasi Amburadul karena Pandemi, Anak Sulsel Terancam Penyakit Ini

Bahaya tak Imunisasi – Ribuan bayi dan anak di Sulsel tak mendapat imunisasi karena Posyandu yang tutup selama pandemi COVID19. PKK Sulsel meminta Posyandu dibuka lagi.

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Ribuan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Sulsel mangkrak tak beroperasi karena pandemi COVID19.

Hal itu membuat pemberian imunisasi kepada puluhan ribu bayi tak dilakukan setidaknya dalam tiga bulan terakhir. Ketua TP PKK Sulsel, Koes F Nurdin mengakui hal itu dan menunjukkan keresahannya. “Terjadi penurunan anak yang diimunisasi sejak Maret sampai April selama pandemi COVID-19 ini. Makanya Posyandu perlu untuk dioptimalkan dengan standar pelayanan menyesuaikan New Normal,” ungkapnya, Kamis pekan lalu.

Mengacu Data Dinas Kesehatan Provinsi SulSel, Lies membeberkan angka penurunan signifikan terjadi di bulan Maret sebesar 5,1 persen. Bahkan lebih tinggi lagi di bulan April 2020, anak yang tidak diimunisasi mencapai 19,7 persen. “Ini sangat berbahaya, bisa memicu kejadian luar biasa. Anak-anak kita perlu diimunisasi, apalagi adanya virus corona, penting memperkuat imun sejak dini”, pungkasnya.

Mengutip Halodoc, sejumlah penyakit mengancam nyawa bayi dan anak karena tak diimunisasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Penyakit TBC
    Dampak jika bayi tidak imunisasi adalah terkenanya penyakit Tuberculosis (TBC). Untuk mencegah penyakit TBC, bayi sebaiknya diberikan imunisasi Bacillus Calmette Guerin (BCG). Vaksin BCG dapat diberikan sejak lahir, imunisasi ini bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap tubuh. Untuk memberikan vaksin BCG pada bayi di atas usia 3 bulan, ada baiknya dilakukan terlebih dahulu uji tuberkulin, dan BCG dapat diberikan kepada bayi apabila hasil dari tuberkulin negatif.
  1. Terjangkit Hepatitis B
    Dampak jika bayi tidak imunisasi berikutnya adalah memungkinkan bayi terjangkit infeksi hepatitis. Jenis penyakit ini salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kehilangan nyawa pada seseorang, sebab infeksi hepatitis merupakan suatu infeksi virus pada hati. Virus Hepatitis B adalah virus yang dapat membahayakan tubuh manusia. Apabila penyakit ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan kanker hati. Untuk dapat mencegah penyakit ini, maka ada baiknya bayi diberikan imunisasi HB sesuai dengan jadwal. Vaksin/imunisasi hepatitis B (HB) yang pertama harus diberikan dalam waktu 12 jam setelah bayi lahir, kemudian dilanjutkan pada umur 1 bulan dan 3 – 6 bulan. Jarak antara dua imunisasi hepatitis B minimal 4 minggu guna mencegah penyakit hepatitis B.
  1. Tetanus
    Banyak dari kita yang masih belum familiar dengan penyakit yang satu ini, tetanus merupakan penyakit infeksi akut dan seringkali fatal yang disebabkan oleh bakteri Clostridium Tetani yang memproduksi toksin (racun). Racun inilah yang kemudian akan menyebar ke dalam tubuh dan menggangu saraf, yang ditandai dengan meningkatnya tegangan dan kekejangan otot sehingga otot akan menjadi kaku.
  2. Terkena Radang Selaput Otak
    Dampak jika bayi tidak imunisasi selanjutnya adalah memungkinkan bayi terkena radang selaput otak. Radang selaput otak atau yang dikenal dengan sebutan meningitis sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Jenis penyakit ini dapat menjangkit siapa saja baik orang dewasa, anak-anak maupun bayi. Agar bayi tidak terkena dengan penyakit meningitis, ada baiknya dilakukan pencegahan dengan melakukan imunisasi HIB. Vaksin/imunisasi HIB diberikan mulai usia 2 bulan dengan jarak pemberian dari vaksin pertama ke vaksin lanjutannya adalah 2 bulan. Vaksin ini dapat diberikan secara terpisah, ataupun melakukan kombinasi dengan vaksin lain.
  1. Polio
    Dampak jika bayi tidak imunisasi berikutnya adalah terkena penyakit polio. Penyakit polio merupakan sebuah infeksi virus yang sangat mudah menular dan menyerang sistem saraf, khususnya pada bayi yang belum melakukan vaksinasi polio. Penyakit polio dapat menyebabkan kelumpuhan pada seseorang, sebab virus ini menyerang sistem saraf pusat. (*/sah)
Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru