Jetpack
Hosting Unlimited Indonesia

Home / Politik

Jumat, 7 Februari 2020 - 11:21 WIB

Imbangi None, Dr. Rahman Bando Pilihan Birokrat Terbaik

FOTO: Dr. H. Rahman Bando.

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – H. Irman Yasin Limpo alias None, berkibar sendiri sebagai satu – satunya birokrat yang banyak disebut untuk maju dalam kontestasi Pilwali Makassar 2020. Hal itu menimbulkan kesan bahwa adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ini bakal merebut hati mayoritas birokrasi di Makassar jika ia benar benar maju mencalonkan diri.

Namun sebenarnya Kota Makassar tak kekurangan birokrasi ulung selevel Irman. Jika mau mengimbanginya, maka calon-calon lain harus mempertimbangkan stok birokrat yang banyak bertebaran di Pemkot Makassar.

Salah satunya adalah Dr. H. Rahman Bando. Dia yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkot Makassar ini telah malang melintang di birokrasi Makassar. Sebelumnya, Rahman yang juga adik kandung Bupati Enrekang H. Muslimin Bando, adalah Kadis Pendidikan Kota Makassar.

Rahman yang dimintai komentarnya masih terkesan menahan diri. “Saya akui sudah ada kandidat yang menghubungi, tapi saya kan ASN jadi belum bisa langsung bersikap. Tapi jika untuk mengabdian pada kota ini, tentu saya sulit untuk menolak,” ujar pria kelahiran Enrekang, 10 Februari 1970, Jumat ini

Direktur Nurani Strategic Consultant, Dr. Nurmal Idrus, mengakui akan menarik jika kemudian ada pilihan birokrat lain yang bertarung di Makassar meski itu posisi 02. “Yang sekarang banyak disebut kan hanya Pak None (IYL). Mesti ada birokrat dari Makassar sendiri yang mencoba ikut bertarung agar lebih banyak pilihan,” katanya.

Ketika disebutkan nama Rahman Bando, Nurmal mengaku sangat mengetahui kualitasnya. “Saya pernah bekerjasama dengannya di Pemkot Makassar dan dia termasuk birokrat yang paling menonjol. Kemampuan manajerialnya sangat bagus dan jika dia memang ingin maju maka dia bisa mendongkrak keterpilihan kandidat yang didampinginya,” tambahnya.

Selain bakal menarik dukungan besar dari mayoritas ASN di Makassar, Rahman Bando menurut Nurmal juga punya keunggulan lain. “Riset kami, penguasaan geopolitik pemilih Enrekang dan Toraja di Makassar itu masuk tiga besar setelah Jeneponto dan Bone. Maka tentu ini sumbangan besar ketika ada figur 01 yang menggaetnya,” tukasnya. (mg2)

Iklan
Iklan

Share :

Baca Juga

Politik

NH Persilahkan Musda, Tapi Jangan Ada yang Sotta

Politik

Mantap… e-Rekap Diterapkan di Pilkada 2020

Politik

Trio Meja Bundar, Pengubah Opini Makassar

Politik

Langkah Pertama, Amirullah Nur Memohon Restu Anak Yatim Piatu

Politik

Luruskan Isu Golkar Sulsel, NH Gelar Jumpa Pers

Politik

Calon Golkar Maros Mengerucut ke Dua Haji

Politik

Diskusi Politik

Politik

Pemilu 2024, Selamat Datang PT 5 Persen