Tuesday 06 December 2022
spot_img

Horeee..!! Maskapai Banting Harga, Diskon Hingga 50%

FOTO: Jejeran pesawat di area parkir Bandara Hasanuddin Makassar. (maman sukarman/sindo)

JAKARTA, CELEBESTERKINI – Maskapai pesawat udara komersil di Indonesia banting harga. Lesunya perjalaan dan merebaknya virus corona memaksa mereka untuk menurunkan harga tiketnya.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan pemerintah sudah meramu diskon tiket pesawat. Kebijakan ini dilakukan untuk memberikan insentif ke sektor pariwisata yang terimbas geger wabah virus corona.

Novie menjelaskan diskon yang diberikan ada tiga. Pertama, diskon 45% dari harga tiket diberikan untuk tiket penerbangan pada maskapai full service. “Besarannya kita hitung secara rinci, sudah ditentukan. Benefit apa yg didapatkan? Penumpang akan dapatkan diskon untuk full service 45% dari total harga. Misal se-jutaan, diskon Rp 450 ribu,” kata Novie seperti dilansir Detik di bilangan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Kedua, untuk pesawat medium class akan diberikan diskon tiket sebesar 48%. Ketiga, maskapai low cost carrier akan mendapatkan diskon 50% dari harga tiket. “Medium class itu dapat 48% dari harga tiket. Kemidian, LCC itu 50%,” jelas Novie.

Selain itu, Diskon diberikan untuk penerbangan ke 10 destinasi wisata pilihan, yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit-Danau Toba, Tanjung Pandang, dan Tanjung Pinang. “10 destinasi ini ditentukan sudah melalui rapat panjang dengan Kementerian Pariwisata,” katanya.

Novie menjelaskan 30% dari total insentif yang diberikan didapatkan dari uang negara atau APBN. Sementara itu sisanya didapatkan dari kontribusi diskon avtur dan biaya yang dipungut untuk kebandaraan dan navigasi udara.

Pantauan Celebesterkini dibeberapa agen online tiket pesawat, harga tiket mulai 1 Maret 2020 terlihat sudah mulai bergerak turun.

Di situs Traveloka, penerbangan Makassar – Jakarta pada 1 Maret 2020 terlihat lebih murah. Maskapai Citilink menjadi yang termurah. Mereka memasang harga Rp 670 ribu untuk rute Makassar – Jakarta.

Penerbangan Makassae – Denpasar juga kini lebih murah. Masakapai Lion Air menjadi yang termurah dengan Rp 572.000 untuk penerbangan Makassar – Denpasar pada 1 Maret 2020. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru