Tuesday 06 December 2022
spot_img

Hati-Hati ASN, Bawaslu Meneropong Status Medsosmu

Foto: Salah satu kegiatan sosialisasi netralitas ASN Bawaslu.

SOPPENG, CELEBSTERKINI
Aparatur Sipin Negara (ASN) kini harus berhati-hati dalam mengunggah atau mengomentari status di media sosial terutama yang terkait Pilkada.

Khusus jelang Pilkada Soppeng 2020, Bawaslu telah memasang jerat yang bisa membuat ASN kelimpungan. “Kami akan meneropong lalulintas percakapan di media sosial yang berkaitan dengan Pilkada Soppeng. Fokus kami mellihat sampai sejauh mana ASN menjaga netralitasnya di dunia maya,” kata Ketua Bawaslu Soppeng, Winardi, Rabu (22/1).

Untuk menguatkan hal itu, Rabu (21/1) bertempat di Hotel Grand Aisya, Jalan Kemakmurab, Watansoppeng,
Bawaslu Kab.Soppeng melaksanakan kegiatan bertem “Sosialisasi Netralitas ASN-TNI/Polri dalam rangka Pilkada Kab.Soppeng th 2020”.

Dalam kegiatan tersebut sebagai nara Sumber adalah Sekretaris Daerah Kab.Soppeng Bpk H.Andi Tenrisessu M.Si, Ketua Bawaslu Sulsel H.L. Arumahi, M.H dan Ketua dan Agt Bawaslu Kab.Soppeng.

Inti dari materi dan pemaparan semua nara sumber adalah bahwa tidak ada alasan buat ASN,TNI/Polri untuk tidak netral dalam Pilkada sebab memang dari pertama stelah menyandang sebagai ASN, Undang Undang Pilkada dan UU ASN semua secara tegas menjelaskan bahwa merek tidak boleh terafiliasi ke salah satu paslon. “Termasuk melakukan kegiatan yg menguntungkan dan atau merugikan salah satu paslon,” kata Sekda Andi Tenri Sessu.

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Arumahi menegaskan tentang sikap Bawaslu yang tak akan konpromi dengan pelanggaran atas netralitas. “Janganlah mencoba coba menabrak regulasi terkait larangan dalam hal netralitas sebab Bawaslu tetap menindaklanjuti temuan dan laporan akan direkomendasikan ke KASN untuk sanksi lanjutan,” tambahnya. (mg2/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru