Saturday 10 December 2022
spot_img

Hanya Punya PAD Rp 158 M, Soppeng Andalkan Transfer Jakarta

  • ASN SOPPENG – Lebih dari 80 persen anggaran pemerintah kabupaten merupakan dana yang ditransfer dari Jakarta. Salah satu yang terbesar adalah anggaran untuk menggaji ASN. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Pengelolaan Pemerintahan Kabupaten Soppeng selama ini ternyata sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat.

Lebih dari 80 persen anggaran pemerintah kabupaten merupakan dana yang ditransfer dari Jakarta. Hal itu terungkap dalam Rancangan Perda APBD T.A. 2023 yang diserahkan Pemda Soppeng kepada DPRD Soppeng, di Gedung DPRD Soppeng, Senin, 3 Oktober 2022. Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menyerahkan langsung dokumen rancangan itu kepada DPRD Soppeng gang diwakili Ketuanya, Syahruddin Adam

Dalam rapat itu terungkap, total pendapatan daerah yang akan dibelanjakan pada 2023 mendatang diasumsikan sebesar Rp1.187.374.561.255. Dari jumlah itu, Pendapat Asli Daerah (PAD) Soppeng hanya menopang Rp158.205.311.584 atau hanya sekira 14 persen. Sisanya, Rp 996 miliar lebih adalah dana yang didapat dari transfer pusat.

Analis ekonomi di Makassar, Irfan Suhud menyebut tak hanya Soppeng yang nyaris seluruh anggaran keuangannya ditopang penuh pusat. “Nyaris semua daerah mengandalkan dana transfer pusat. Itu karena di Sulsel tak ada daerah yang punya pendapatan besar karena potensi sumber daya alam yang terbatas. Hanya memang, jika perimbangannya lebih 80 persen itu tergolong besar,” katanya.

Untuk itu, ia menyarankan Pemkab Soppeng untuk terus menggenjot pendapayan daerahnya dengan menggali lebih banyak sektor. “Inovasi diperlukan untuk menggenjot pendapatan daerah. Salah satunya dengan memaksimalkan pajak daerah dan pengelolaan perusahaan daerah yang lebih profesional,” ujarnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru