Monday 26 September 2022
spot_img

Golkar Sibuk Berkelahi, Parpol Lain Sibuk Konsolidasi

  • KISRUH GOLKAR – Hingga sepuluh hari jelang pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024, Golkar Sulsel masih terus ‘sibuk’ mengurusi internalnya yang tak kunjung menyatu. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Masa depan partai politik pemenang Pemilu di Sulsel, Partai Golongan Karya (Golkar) sedang dipertaruhkan.

Hingga sepuluh hari jelang pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024, Golkar Sulsel masih terus ‘sibuk’ mengurusi internalnya yang tak kunjung menyatu. Untuk diketahui, merujuk pada laman resmi KPU RI, pendaftaran parpol akan dimulai pada 1 hingga 14 Agustus 2022. Kemudian, KPU RI akan melakukan verifikasi administrasi pada Agustus – 11 September 2022.

Kamis, 22 Juni 2022, kemarin, agaknya menjadi babak baru perseteruan dua kubu internal Golkar Sulsel yaitu kubu Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe dan kubu Ketua Harian Golkar Sulsel, Kadir Halid. Dua kubu ini bertemu di Kantor Golkar Sulsel di Jalan Bontolempangan Makassar, dan nyaris adu jotos. Kubu TP yang dimotori anggota DPRD Sulsel Rahman Pina dan Nasran Mone berhadapan dengan Kadir Halid yang turun langsung. Keduanya ingin menggelar rapat. RP menggelar rapat Liga Beringin dan Kadir bermaksud menggelar rapat pleno pengurus. Mereka berebut aula Golkar Sulsel untuk dipakai rapat.

Perseteruan menahun itu agaknya akan memengaruhi konsolidasi internal Golkar Sulsel. “Padahal, untuk terus menjadi pemenang mereka mesti bisa menyatu. Jika demikian adanya, maka tunggu tumbangnya dominasi Golkar di Sulsel,” kata Imran M, peneliti dari MeanPoll Research, Kamis tadi malam.

Kesibukan Golkar dalam mengatasi problem internalnya justru berbanding terbalik dengan pemenang kedua, ketiga dan keempat Pemilu 2019 di Sulsel. Nasdem yang menjadi pemenang kini bahkan sudah melangkah sangat jauh dengan mulai membuka fase rekrutmen Caleg untuk Pemilu 2024.

Partai Gerindra yang menjadi pemenang ketiga terus mengkonsolidasikan diri. Bahkan, mereka kini memastikan struktur partai sudah ready hingga tingkat terbawah. “Kami sudah melangkah ke tahap konsolidasi struktur hingga tingkat desa. Kabupaten yang tertinggal akan kami evaluasi,” kata Andi Iwan Aras, Ketua Gerindra Sulsel.

Partai Demokrat Sulsel yang sebelumnya juga sempat kisruh pasca penetapan Ni’matullah sebagai Ketua Demokrat Sulsel, kini mulai adem dan menyatu. (sah/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru