Home / Politik / Utama

Senin, 10 Februari 2020 - 04:40 WIB

Golkar Hanya Sebut AKAR, Abaikan LHD dan Andi Haerani

FOTO: Ketua Golkar Sulsel, Nurdin Halid (kiri) bersama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Golkar Sulsel akhirnya memastikan kursi Golkar di parlemen untuk Pilkada Soppeng menjadi milik sepenuhnya Andi Kaswadi Razak (Akar). Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid yang mengumumkan sendiri teka-teki dan spekulasi mengenai kemana Golkar di Soppeng, Minggu (10/2).

“Di soppeng kita hanya merekomendasi satu nama yaitu Andi Kaswadi Razak. Itu sama dengan tiga daerah lain yang memang berbeda dengan delapan daerah lain,” katanya ketika menggelar jumpa pers di Warkop BM 11.

Beberapa jam setelah NH bertemu wartawan itu, tim 9 Golkar Sulsel juga menggelar jumpa pers yang keputusannya sama dengan yang disampaikan NH.

Namun keputusan itu bakal melahirkan masalah. Pasalnya, beberapa waktu lalu Partai Nasdem sudah merekomendasikan nama Luthfi Halide (LHD) sebagai wakil Akar. “Golkar hanya untuk Kaswadi Razak,” kata Nurdin singkat ketika ditanya mengenai posisi LHD. Golkar katanya punya 12 kursi dan sangat wajar jika kemudian mengendalikan situasi di sana. Nama Andi Haerani yang juga ikut mendaftar hilang direkomendasi. Belum ada keterangan mengapa nama pengurus Golkar Sulsel itu hilang padahal telah mengikuti proses seleksi.

Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menetapkan usungan bakal calon kepala daerah di 10 dari 12, daerah yang menggelar pilkada. Ke 10 daerah yang telah ditetapkan yakni, Makassar, Maros, Barru, Soppeng, Bulukumba, Selayar, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Sementara dua daerah Pangkep dan Kabupaten Gowa belum diputuskan dalam Rapat Pleno yang dipimpin langsung oleh Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid.

Ketua tim 9 Golkar Sulsel, Kadir Halid menyebutkan jika tidak masuknya Pangkep dan Gowa dalam penetapan dikarenakan ada hal yang akan didiskusikan ulang oleh DPD I bersama dengan DPD II. “Iya 10 daerah kita sudah tetapkan calonnya untuk dikirim ke DPP, cuma Gowa dan Pangkep kita belum putuskan karena ada hal yang masih didiskusikan dengan DPD II, ” Kata Kadir Halid Ketua tim 9 di dampingi oleh Ketua Bidang Opini dan Media Maqbul Halim.
Kadir menjelaskan, meskipun ada tiga kandidat yang berebut dukungan Golkar di Pangkep, karena sesuatu hal dan permintaan DPD II maka penetapannya diundur.
Begitu pula dengan di Gowa, meski ada 6 bakal calon kandidat ikut mendaftar akan tetapi tak satupun yang mengikuti proses penjaringan di tingkat DPD I “Paling lambat akhir bulan inilah akan diputuskan bersama, yang jelas 10 daerah yang telah ditetapkan akan langsung dikirim ke DPP untuk diproses,” Jelas Kadir Halid.

Berikut Nama calon Bupati yang ditetapkan Partai Golkar dari 10 daerah:

Makassar: Syamsul Rizal, Mohammad Ramdhan Danny Pomanto, Irman Yasin Limpo

Luwu Timur : Thorik Usler

Luwu Utara : Indah Putri Indriyani. Wakil: Suaib Mansyur

Toraja Utara : Johannes Kadang Freederik Batik Sorring, Frederik F Limbong

Tanah Toraja : Fiktor Datuan Batara, Teofilus Allorerung, Dr. rudi Andi lolo

Soppeng: Andi Kaswadi Rasak

Barru : Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum

Maros : Amirullah Nur, Tajerimin

Selayar: Basli Ali

Bulukumba: Jamaluddin M Syamsir, Risman Pasigai, Hamzah Pangki dan Tomy Satria Yulianto (mg2)

Share :

Baca Juga

Internasional

Hari Ini Singapura Isolasi Diri, Termasuk dari Indonesia

Politik

Imbangi None, Dr. Rahman Bando Pilihan Birokrat Terbaik

Bisnis

Tak Sanggup Lawan Corona, Rupiah Ta’kancing, Saham Ta’paknyunkyu’, Emas Ta’bulinta’

Politik

Jelang Musda Golkar, Tagar #superalternative Merebak

Kesehatan

Pemerintah Tempatkan Lab Uji Corona di Makassar

Daerah

Selalu Ingin Berkeringat, Lihat Aksi Wagub Sulsel yang Energik Ini

Kesehatan

Berdekatan dengan Wawali Bandung, Bupati Karawang Juga Positif Corona

Kesehatan

Jumpa Pers Corona yang Tegang, Status Kesehatan Sekprov Belum Dipastikan Namun Baik Baik Saja