Home / Utama

Senin, 13 Januari 2020 - 20:10 WIB

Geledah Rumah Bupati Sidoarjo, KPK Temukan USD, SGD, AUD, Euro, dan Yen

  • Bupati Sidoarjo beberapa saat setelah dicokok KPK (tirto

SIDOARJO, CELEBESTERKINI – Selama tiga hari berturut-turut penyidik ​​KPK melakukan penggeledahan dalam kasus tangkap tangan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Setelah rumah dinas bupati, Minggu (12/1) kembali kediaman pribadi Saiful Ilah di Jalan Malik Ibrahim yang didatangi KPK, Senin (13/1).

Dari informasi yang dihimpun, tim KPK yang mengirim lima orang sampai di rumah Saiful, siang. Mereka menggunakan dua kendaraan. Yakni, Toyota Innova hitam bernopol W 1210 PB dan S 1241 OB dengan satu kendaraan polisi yang mengawal.

Dikutip dari Jawapos, tidak seperti penggeledahan di rumah dinas yang memerlukan waktu lebih dari 12 jam, cari barang bukti di kediaman pribadi Saiful terbilang cepat.
Hanya dalam setengah jam petugas keluar dari rumah bercat putih tersebut.
Mereka membawa 1 koper merah, 1 ransel hitam, serta 1 kardus. Petugas langsung memasukkan barang-barang itu ke mobil yang diparkir di seberang jalan.

Tidak ada persetujuan dari petugas yang tidak mengenakan topeng itu. Setelah mengirimkan barang bukti ke mobil, mereka pindah meninggalkan lokasi.

Sementara itu, Kabag Protokol dan Rumah Tangga Aan Alifauzansyah tidak tahu soal barang bukti. Namun, menurut dia, ransel, koper, serta kardus ini merupakan barang pribadi petugas. “Printer Isinya,” katanya.

Secara terpisah, Juru Bicara KPK Ali Fikri mengungkapkan, penyidik ​​menyita sejumlah uang dari penyidikan di rumah dinas bupati dan ruang kerja di Pendapa Delta Wibawa. Yakni, dolar Amerika (USD), dolar Singapura (SGD), dolar Australia (AUD), euro, dan yen. ”Antara berbaring, USD 50 ribu dan SGD 64 ribu,” imbuhnya. Jumlah totalnya, kata dia, masih dihitung penyidik.

Selain uang dalam berbagai pecahan mata uang asing, penyidik ​​menemukan sejumlah dokumen dari penggeledahan di ruang kerja bupati Sidoarjo serta ruang unit lelang pengadaan (ULP). Semua dokumen itu sudah diamankan untuk kebutuhan penyidikan. ”Dokumen terkait pengadaan proyek di Lingkungan Pemkab Sidoarjo,” terang dia. (jpos/int/mg2)

Share :

Baca Juga

Utama

Anggota DPRD Parepare Ini Miris dengan Penyebab Banjir

Daerah

Tak Banyak Bicara, APD Langka, Aksi Anggota DPRRI Menuai Pujian

Nasional

Agar tak Jadi Polemik, Ini Klarifikasi Kapolda Sultra Soal TKA China

Kesehatan

Sudah 49 Meninggal karena Corona di seluruh Indonesia

Utama

Soppeng Sudah Waktunya Punya Kendaraan Amfhibi

Nasional

Innalillah, Ibunda Presiden Jokowi Wafat

Makassar

Bawakan Materi Politik Anggaran, Nurmal Justru Dihujani Pertanyaan Netralitas ASN

Utama

Selfi Yamma, Dilamar Anggota DPRD