Thursday 29 September 2022
spot_img

Gas 3 Kg Naik Rp 2.500, di Pengecer Malah Lebih Besar

  • NAIK – Harga eceran LPG 3 KG naik Rp 2.500. Namun harga itu hanya di tingkat pangkalan, di tingkat eceran dimana warga membeli kenaikannya jauh lebih besar. (IST)

CELEBESTERKINI.com, Sinjai – Pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 kilogram di Kabupaten Sinjai naik Rp2.500 berdasarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 11/2021, tentang Pedoman Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Liquefied Petroleum Gas (LPG/elpiji) tabung tiga kilogram.

Pelaksana Tugas Kadis Perindag dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh mengungkapkan, bahwa HET gas elpiji 3 Kg di tingkat pangkalan dari harga Rp16 ribu menjadi Rp18.500. Harga ini berlaku per tanggal 1 April 2021.

Namun, dalam prakteknya, harga dipasaran sulit dikendalikan. Para pedagang pengecer bahkan ada yang menjual hingga Rp 20.000. Kondisi itu bisa terlihat di pada beberapa pengecer di seantero kota. “Kita dapat harga Rp 18.500 dari pangkalan, kalau tak dinaikkan dimana untungnya,” kata Armina, seorang pengecer.

Kenaikan di tingkat pengecer itu tak bisa dihindari. Selain pengecer ingin mencari selisih keutungan, Diperindah juga mengakui pengawasan yang dilakukan pihaknya hanya sebatas pada agen dan pangkalan, jika terjadi pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kami tiidak mengatur harga pada tingkat pedagang pengecer, namun diharapkan perbedaannya tidak terlalu tinggi dengan HET yang ada di pangkalan,” harap Saleh, beberapa waktu lalu di Sinjai.

Saleh menjelaskan, kenaikan harga gas tabung melon tersebut dilakukan sebab adanya kenaikan biaya operasional. Di sisi lain, terjadi juga kenaikan pada upah minimum provinsi (UMP) dan disesuaikan dengan angka inflasi, kenaikan suku cadang kendaraan dan daya beli masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut Pemkab Sinjai telah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Sinjai Nomor 266 tahun 2021, tentang pembentukan tim monitoring dan evaluasi pendistribusian LPG 3 Kg. “Kita bentuk tim untuk melakukan pengendalian dan pengawasan ketersediaan LPG 3 Kg di Sinjai, termasuk memfasilitasi, verifikasi dan registrasi rumah tangga serta usaha mikro pengguna gas elpiji tersebut,” katanya. (*/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru