Saturday 10 December 2022
spot_img

Gagal Jantung, Waspadai Gejala Sepele Ini

SEPELE – Menurut dr. Wiryawan, penyakit gagal jantung ini memiliki gejala yang bisa dikatakan sepele karena mirip dengan gejala kelelahan biasa. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Heart failure atau gagal jantung adalah kondisi saat pompa jantung melemah, sehingga tidak mampu mengalirkan darah yang cukup ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah gagal jantung kongestif.

Penyakit ini menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RSUP Sanglah, dr. Nyoman Wiryawan bisa menyerang siapa saja dan kapanpun. “Gagal jantung dapat disebabkan oleh hipertensi, anemia, dan penyakit jantung bawaan,” jelasnya.

Meskipun merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan, karena bisa merenggut nyaw manusia saat itu juga, namun menurut dr. Wiryawan penyakit gagal jantung ini memiliki gejala yang bisa dikatakan sepele karena mirip dengan gejala kelelahan biasa.

Salah satunya adalah adanya penurunan fungsional manysia atau kemampuan aktivitas fisik seseorang. Adapun bentuk penurunan akyivitas fisik yang dimaksud dr. Wiryawan meliputi, turunnya kemampuan berjalan, mydah lelah dan sesak napas.

Selanjutnya adalah adanya penambahan berat badan namun nafsu makan menurun. Hal ini filanjutkan dr. Wiryawan disebabkan olehbadanya penumpukkan cairan di perut, kaki dan dada. “Kondisi ini juga membuat pasien merasa tidak nyaman ketika tidur malam hati, karena dia harus menggunakan bantal yang tinggi supaya bisa tidur dengan nyaman,” lanjutnya.

Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah temui dokter. Karena gejala tersebut juga bisa terjadi akibat penyakit lain, diperlukan pemeriksaan dari dokter untuk memastikan penyebabnya.

Karena jika tidak dianalisa oleh dokter, makan kondisi seseorang akan semakin parah dan berpotensi mengalami kerusakan struktural, misalnya pada otot atau katup jantung. “Gagal jantung ini umumnya menyerang orang usia lanjut, namun demikian dengan pola hidup sehat gagal jantung, bisa dicegah sejak dini,”tambahnya.

Jika sudah mengalami gagal jantung, upaya penanganan yang bisa dilakukan hanyalah untuk mengurangi beban kerja jantung dan membantu penderitanya untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. (*/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru