Monday 26 September 2022
spot_img

Fahsar ke Pinrang Ziarahi Datu Bone, Ratu yang Terusir Melawan Belanda

  • ZIARAH – Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid mendampingi Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi yang datang ke Pinrang menziarahi makam Ratu Bone ke 28, Pancaitana We Tenriawaru Besse Kajuara Matinro E ri Majennang. (FOTO: PINRANGKAB)

CELEBESTERKINI.com, Pinrang – Banyak yang bertanya mengapa salah satu pemimpin Bone dimakamkan di Pinrang. Adalah seorang Ratu Bone, Arumpone ke XXVIII Pancaitana We Tenriawaru Besse Kajuara Matinro E ri Majennang, dimakamkan di Suppa, Pinrang.

Kamis (1/4/2021), Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi menziarahi makam ini sebagai bagian dari hari jadi Bone ke 691 tahun 2021. Fashar diterima langsung Bupati Pinrang Irwan Hamid.

Dalam sambutannya, Bupati Pinrang Irwan Hamid menyampaikan bahwa kegiatan ini, selain untuk melaksanakan adat menyambut Hari Jadi Kabupaten Bone beberapa hari mendatang, kegiatan ini juga menjadi salah satu perekat hubungan antara Pemerintah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Bone. “Ini adalah momentum yang sangat bagus untuk mempererat kekeluargaan antara Pemerintah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Bone” ungkap Bupati Pinrang.

Sementara itu, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas penyambutan yang digelar Pemerintah Kabupaten Pinrang. Fahsar melanjutkan, kegiatan ini seperti disebutkan Bupati Pinrang, adalah rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bone Ke – 691 tahun 2021.

Fahsar menyebutkan, selama beberapa pekan ini, dirinya bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabuoaten Bone serta Dewan Adat melakukan ziarah makam di beberapa Kabupaten, salah satunya di Majennang, Suppa, Kabupaten Pinrang. Senada dengan pernyataan Bupati Irwan, Bupati Fahsar pun menganggap kegiatan ini sebagai ajang mempererat tali persaudaraan antara Bone dan Pinrang.

Siapa Ratu Bone Ini?

Besse Kajuara sendiri adalah Ratu Bone. Ia menggantikan suaminya La Parenrengi menjadi Mangkau’ di Bone.

Dikutip dalam berbagai literatur, pada masa pemerintahan We Tenriawaru Besse Kajuara, ketegangan antara Bone dengan Kompeni Belanda kembali terjadi. Hal itu terjadi karena Kompeni Belanda selalu menekankan untuk memperbaharui kembali Perjanjian Bungaya, agar persahabatan Bone dengan Kompeni Belanda tetap kokoh. Akan tetapi Arumpone Besse Kajuara tetap bertegas untuk tidak akan memperbaharui Perjanjian Bungaya karena ada kemanakannya yang ingin merebut kedudukannya sebagai Mangkau’ di Bone.

Dengan demikian antara Bone dengan Gubernur Belanda kembali saling menyatakan perang. Arumpone We Tenriawaru Besse Kajuara didukung oleh pamannya yang bernama La Cibu To LebaE Ponggawa Bone untuk melawan Belanda. Pada bulan Desember 1859 M. Gubernur Jenderal Belanda yang bernama Van Switen bersama Pembesar Kompeni Belanda di Ujungpandang yang bernama Tuan Djensin menyerang Bone. Dibelakangnya terdapat La Tenri Sukki Arung Palakka yang ikut menyerang.
Arumpone Besse Kajuara berkedudukan di Pasempe, sementara pasukan Belanda membumi hanguskan Bone. Karena Arumpone merasa serangan Belanda semakin kuat dan agar tidak terlalu banyak memakan korban, maka iapun menyatakan kalah. Besse Kajuara meninggalkan Bone dan pergi ke Ajattappareng.

Dalam perjalannya ke Ajattappareng, Besse Kajuara dengan pengikutnya singgah di Polejiwa dijemput oleh pamannya yang bernama La Cibu Addatuang Sawitto Ponggawa Bone.

La Cibu Addatuang Sawitto berpesan kepada kemanakannya Besse Kajuara untuk memilih tempat diantara tiga wanuwa, yaitu; Suppa, Sawitto atau Alitta. Setelah beristirahat beberapa hari, Besse Kajuara meninggalkan Polejiwa dan melanjutkan perjalanan ke Alitta. Disitulah seorang anak Besse Kajuara yang bernama We Cella atau We Bunga Singkeru’ atau We Tenri Paddanreng disuruh untuk menetap.

Selanjutnya Besse Kajuara terus ke Suppa dan disitulah ia tinggal melihat dan memperhatikan kepentingan orang Suppa, sampai akhirnya meninggal dunia. Karena ia meninggal di Majennang Suppa, maka dinamakanlah MatinroE ri Majennang Suppa. (*/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru