Saturday 10 December 2022
spot_img

Dikasih Jabatan Waketum, Ini Badan Golkar yang Dikendalikan NH

FOTO: Ketum Golkar Airlangga Hartarto saat kampanye di Jakarta, dalam Pemilu 2019.

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta secara khusus agar Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid (NH) tak lagi di Sulsel. Airlangga menyiapkan dia badan penting di struktur Golkar untuk dikendalikan NH.

“Sulsel bagi Pak Andi (Nurdin Halid) terlalu kesempitan. Perlu ada ruang lebih besar untuk beliau. Kita menyiapkan badan pemenangan,” kata Airlangga di acara Tasyakkuran Golkar Sulsel di CCC, Minggu (8/3).

CELEBESTERKINI kemudian menelusuri dua badan yang disebutkan Airlangga tersebut. Dalam AD/ART Partai Golkar ada dua badan seperti yang disebutkan Airlangga dalam pidatonya itu yaitu Badan Pemenangan Pemilu dan Badan Saksi.

Di Pasal 41 disebutkan Badan Pemenangan Pemilu dibentuk hingga kabupaten/kota. Badan ini terbilang sangat strategis. Badan ini bertanggungjawab dalam semua kegiatan pemenangan mulai dari Pemilihan
Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil
Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil
Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. “Ini tulang punggung organisasi karena semua kegiatan kepartaian yang ujungnya untuk pemenangan ada di badan ini,” kata Nurdin Halid yang ditemui wartawan seusai tasyakkuran di CCC.

Sementara Badan Saksi Nasional hanya dibentuk ditingkat pusat. Badan ini juga tak kalah strategisnya. Tugas-tugasnya adalah melaksanakan rekrutmen, pelatihan, pengembangan kapasitas dan penempatan saksi-saksi Pemilu dari kader Partai. Selain itu melakukan kegiatan pengamanan hasil perolehan suara Partai dalam pemilihan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.

Tugas lainnya adalah membuat sistem kontrol berbasis digital hasil perolehan suara Partai dalam semua konstestasi pemilihan.

Peneliti dari Indo Riset Research, Tammy Hanan, menyebut semua tugas dalam badan yang diserahkan ke NH itu menjadi nyawa Golkar. “Dengan posisi itu NH makin kuat di Golkar. Dia menentukan nasib kemenangan Golkar ke depan,” katanya. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru