Wednesday 01 February 2023
spot_img

Diam-Diam KPK Periksa Saksi di Maros, Nama Baru Muncul di Kasus Suap Gub NA

PERIKSA – Beberapa nama dan pihak baru muncul sebagai terperiksa saat pemeriksaan di Kantor Polres Maros. Ada tiga orang yang menjadi terperiksa pada kesempatan itu. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata diam-diam melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pihak yang dianggap terkait dengan kasus gratifikasi dan suap yang melibatkan Gubernur Sulsel non aktif, Nurdin Abdullah.

Tanpa banyak diketahui banyak pihak termasuk media, ternyata KPK pada Kamis, 20 Mei 2021 kemarin sudah melakukan pemeriksaan terhadap tiga saksi untuk tersangka Nurdin dan kolega. Pemeriksaan ini terkait dengan penyidikan kasus dugaan suap perizinan dan pembangunan infrastruktur di lingkungan Pemprov Sulsel Tahun Anggaran 2020-2021.

Pemeriksaan ini sendiri dilaksanakan di Polres Maros, Sulawesi Selatan. “Para saksi didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan adanya dugaan aliran sejumlah uang dari beberapa pihak untuk kepentingan tersangka NA,” ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dikutip celebesterkini dari ANTARA pada Jumat, 21 Mei 2021.

PLT Jubir KPK, Ali Fikri

Menariknya, beberapa nama dan pihak baru muncul sebagai terperiksa. Ada tiga orang yang menjadi terperiksa adalah inisial A selaku Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan DN serta SD yang berprofesi sebagai wiraswasta.

Sementara pada Jumat 21 Mei 2021 ini, KPK kembali melakukan pemeriksaan terhadap tiga saksi lain. Tiga orang tersebut adalah seorang mahasiswa berinisial RA, AKW dan HDT yang keduanya merupakan wiraswasta. Pemeriksaan terhadap ketiga saksi ini juga akan kembali dilakukan di Polres Maros, Sulsel.

Perlu diketahui, pihak KPK hingga kini masih melakukan tahapan penyidikan kepada dua tersangka yang menjadi penerima suap pada kasus tersebut, yakni Nurdin Abdullah (NA) dan Edy Rahmat (ER) yang merupakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel yang juga adalah orang kepercayaan Nurdin.

Sedangkan, satu tersangka lainnya yang merupakan pemberi suap yaitu Agung Sucipto yang berprofesi sebagai kontraktor/Direktur PT Agung Perdana Bulukumba saat ini sudah berubah status menjadi terdakwa.
Agung juga sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar. (SAH/REN)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru