Saturday 10 December 2022
spot_img

Di Halte Mangkrak Ini, Walikota Temukan Warganya Makan Sekali Sehari

FOTO: Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb menemui warganya yang tinggal di sebuah halte di Jalan Cenderawasih., Jumat malam. (humaspemkot)




CELEBESTERKINI.com, Makassar – Kehidupan metropolitan Makassar yang keras menyisakan banyak kisah pilu. Walikota Makassar Iqbal Suhaeb yang belum setahun menjabat, membuktikannya sendiri.

Seusai Isya, Jumat (8/5/2020) malam, Iqbal blusukan di kota yang ia pimpin ini. Tujuan pertamanya adalah Jalan Cendrawasih. Kepada sopirnya, ia meminta dibawa ke sebuah halte mangkrak. Halte itu dibangun untuk program Petepete smart yang belum terwujud.

Iqbal menerima informasi lewat media sosial tentang adanya warga yang saban malam berteduh di halte yang berada di perempatan jalan Cenderawasih-Baji Minasa itu. Seorang lelaki tua dengan pakaian kumuh terlihat duduk menyendiri dengan bantal lusuh. Ia kaget ketika Iqbal tiba-tiba masuk. “Assalamualaikum, namanya siapa Pak. Sudah berapa lama tinggal disini” ujar Iqbal memulai percakapan sambil duduk disamping Mursalim, nama lelaki tua yang merespon dengan bahasa Makassar.

Sejenak Iqbal dan Mursalim terlibat pembicaraan seputar asal usul hingga alasannya tinggal menyendiri didalam halte. “Saya sebenarnya warga sini, sudah lama ditinggal anak sama istri. Sekarang sudah tidak ada yang peduli. Selama ini lebih sering tinggal di dalam gudang bekas pabrik. Namun saya kehabisan minyak tanah untuk penerangan dan memasak. Kami kadang makan sehari sekali,” ujar Mursalim dengan logat Makassar yang kental.

Cerita yang dituturkan Mursalim kontan membuat orang nomor satu di Makassar itu terlihat emosional dengan raut wajah yang sedih. Iqbal meminta seseorang membawakan bungkusan didalam mobilnya untuk kemudian diserahkan langsung ke Mursalim. “Ini ada bantuan dari Presiden untuk Bapak Mursalim,” ujar Iqbal sambil menyerahkan paket bantuan.

Iqbal juga terlihat merogoh dompetnya dan menyerahkan beberapa lembar uang yang kemudian ikut di berikan ke Mursalim. Meskipun enggan diajak tinggal di Rusunawa, namun Iqbal tetap meminta Dinas Sosial dan juga Pemerintah Kecamatan agar memberikan perhatian serius terhadap Mursalim dan juga warga lainnya yang mengalami nasib serupa.

Sehari sebelumnya, seorang jurnalis memposting berita tentang kondisi Mursalim digroup WhatsApp yang kemudian menjadi perbincangan oleh anggota group tersebut. Dari situlah Iqbal mengetahui keberadaan orang tua ini.

Usai menemui Mursalim, Iqbal selanjutnya bergerak ke sejumlah rumah di Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso. Tidak kurang lima rumah yang tergolong sederhana di hampiri oleh Iqbal. Keluarga yang didatangi khusus tersebut terlihat kaget hingga kemudian mendapat penjelasan secara langsung oleh Iqbal. Ditempat ini Iqbal juga membagikan sembako bantuan presiden. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru