Wednesday 01 February 2023
spot_img

Di Depan Perangkat Desa, Nurmal Sebut Peran Besar Supriansa dalam Menghadirkan Polisi Presisi di Soppeng

  • POLISI PRESISI – Acara bertajuk Seminar Akhir Tahun dengan Tema Polisi Presisi dan Harapan Masyarakat digelar oleh Forum Masyarakat Peduli Soppeng. Menghadirkan dua narasumber yaitu Kapolres Soppeng AKBP Santiadji Kartasasmita dan Dosen Unipol Dr. Nurmal Idrus. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Sebuah gelaran acara berupa pertemuan sejumlah stakeholder se-Soppeng digelar di D’Kayangan Resort & Cafe, Kota Watansoppeng, Sabtu, 17 Desember 2022.

Acara bertajuk Seminar Akhir Tahun dengan Tema ‘Polisi Presisi dan Harapan Masyarakat’ itu digelar oleh Forum Masyarakat Peduli Soppeng (FMPS). Menghadirkan dua narasumber yaitu Kapolres Soppeng AKBP Santiadji Kartasasmita dan Dosen Unipol Dr. Nurmal Idrus.

Pesertanya yang mencapai 123 orang itu terdiri dari seluruh perangkat desa dari 49 desa se Soppeng plus 21 Kelurahan dan kecamatan serta sejumlah unit kerja Pemkab Soppeng.

Dalam kesempatan itu, Dr. Nurmal Idrus, MM, memaparkan evaluasi teknisnya terkait pencapaian visi Polisi Presisi Kapolri yang telah dicapai oleh Polres Soppeng. “Dari sejumlah poin misi berupa transformasi polri yang ada dalam visi Polri Presisi di bawah Jenderal Sigit Listyanto Prabowo, maka bisa disimpulkan ada sejumlah di antaranya yang telah dijalankan dan dicapai oleh Polres Soppeng,” katanya.

Suasana pelaksanaan Seminar Akhir Tahun Polisi Presisi dan Harapan Masyarakat, di Watansoppeng, Jumat, 16 Desember 2022. (ist)

Salah satu yang paling mendapat sorotan dari pakar manajemen ini adalah Kapolres Soppeng perlahan mampu menghadirkan sosok polisi yang lebih humanis di tengah tekanan yang berat terhadap citra polri saat ini. “Begitu beliau menjabat delapan bulan yang lalu kantor Polres yang dulu amat kumuh kini berubah indah dan resik. Secara substansi, itu membuat pandangan publik ke polisi menjadi lebih kelihatan ramah. Selain itu, Polres membuat banyak perubahan dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat seperti rutin menggelar Jumat Curhat yang bergerak serentak di seluruh jajaran polres,” tambahnya. Namun Nurmal menyoroti keindahan Kantor Polres itu juga harus disertai kondisi serupa di Kantor Polsek sebagai garda terdepan pelayanan.

Nurmal juga menyampaikan kepeserta tentang perlunya kita berterima kasih kepada anggota DPR-RI dari Komisi III, Supriansa, SH, MH, yang telah memastikan hadirnya Kantor Polres Soppeng yang baru tahun depan. “Kita bersyukur punya anggota dewan di Komisi III yang telah memastikan ketersediaan anggaran pembangunan Polres yang baru. Itu wujud nyata peran serta beliau dalam menghadirkan polisi presisi di Soppeng. Sebab dengan kantor yang ada sekarang, sebenarnya sudah sangat tak layak untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga,” tambahnya.

Kapolres Soppeng AKBP Santiadji Kartasasmita mengatakan dirinya terus akan berupaya mewujudkan semua tugas-tugas yang dicanangkan oleh Kapolri dalam membawa Polisi yang lebih humanis. “Fokus utama saya hari ini adalah bagaimana agar bisa menghadirkan polisi yang lebih humanis dan dapat dipercaya oleh warga Soppeng. Saya ingin menunjukkan bahwa polisi masih sangat bisa dipercaya untuk bersama dengan warga melewati masa-masa sulit ini,” katanya.

Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Kapolres ini. Ia bahkan mengaku akan membuat lebih banyak posko pengaduan di tengah masyarakat. “Caranya adalah menjadikan semua rumah personil kepolisian di Soppeng menjadi posko pengaduan warga. Polisi-polisi itu harus menjadi pionir di tengah masyarakatnya dan harus siap menghadapi keluhan dan kesulitan warga,” tukasnya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru