Home / Kesehatan / Utama

Minggu, 22 Maret 2020 - 08:20 WIB

Datang Melayat di Rumah Duka COVID-19 Meninggal, Warga Soppeng Ini Diisolasi

FOTO: Kediaman korban meninggal COVID 19, almarhumah Hapsa di Jalan Rajawali III Lr 3 No 14 RT 02 RW 07 Kelurahan Pannambungang, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, disterilkan petugas. Seorang warga Soppeng diketahui sempat melayat di rumah ini dan kini berstatus ODP.


SOPPENG, CELEBESTERKINI – Soppeng terus bersikap waspada. Seorang warganya yang diketahui baru saja pulang dari Makassar melayat di rumah duka pasien COVID – 19 berkode 285 yang kemudian meninggal dunia beberapa hari lalu, diisolasi.

Warga yang bermukim di Buccello, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, dimasukkan dalam status Orang Dalam Pengawasan (ODP) Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng. Senin (16/3) lalu ia diketahui datang melayat di rumah duka korban meninggal COVID 19, almarhumah Hapsa di Jalan Rajawali III Lr 3 No 14 RT 02 RW 07 Kelurahan Pannambungang, Kecamatan Mariso, Kota Makassar.

Baca Juga  Presiden Makan Siang di Atas Langit Sulsel, Hanya Sejam di Toraja

Untuk diketahui status ODP adalah status terendah dalam penanganan Coronavirus. ODP ditetapkan jika diketahui pernah kontak dengan pasien positif corona. Status ODP berarti warga tersebut belum menunjukkan tanda-tanda terpapar seperti demam atau panas tinggi. Jika menunjukkan gejala panas tinggi dan demam disertai batuk maka statusnya dinaikkan menjadi Pasien Dengan Pengawasan (PDP) atau langsung ke status suspect.

Kondisi itu membuat Soppeng kemudian mengaktifkan protokol pencegahannya. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Soppeng, Sallang mengatakan, pihaknya sudah mengetahui lokasi dan tempat tinggal warga pendatang tersebut. “Sudah didapat dan sementara tim kami melakukan pelacakan dilapangan dan akan dilakukan pemantauan selama 14 hari kedepan,” kata Sallang saat dikonfirmasi melalui WA Call, Minggu (22/3/2020). Pelacakan yang dimaksud, lanjut Sallang, yaitu pelacakan Epidemiologi (PE) untuk penanggulangan kasus virus Covid-19.

Baca Juga  Anggota Intelkam Polri Ini Aktif Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Sallang mengimbau, agar warga Soppeng tetap tenang. “Semua perangkat pencegahan kita optimalkan. Kita akan terus berjaga di perbatasan dan seluruh komponen kesehatan dan pemerintahan kita akan siaga 24 jam untuk mendeteksi kemungkinan adanya potensi virus ini di tengah masyarakat,” tukasnya.

Tetap hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan. Hindari keramaian dan kumpulan orang, jaga jarak aman dengan orang lain dan tetap tinggal di rumah. (mal)

 29 total views,  3 views today

Share :

Baca Juga

Daerah

Program Kemanusiaan Berlanjut, IPEMI Bagi Takjil Berbuka Kepada Pengendara

Daerah

Ini 5 Instruksi AKAR Lawan COVID – 19

Kriminal

Mulai Garap Bupati
KPK Cari Proyek Provinsi di Daerah

Makassar

Kembalikan Dana Rp 18 M, KPU Makassar Dianggap Layak Dapat Penghargaan

Nasional

Untuk Para Napi Koruptor, Ini Putusan Presiden Jokowi

Nasional

Saudi Kirim Sinyal Haji 2020 Ditunda, Sulsel Siapkan Dua Skenario

Makassar

Ultah Grup Gocok Domino Diperingati Sederhana

Nasional

Mau Ganti Ban Tapi Duit Kurang, Belakang atau Depan Lebih Dulu
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?