Saturday 10 December 2022
spot_img

Buat Kapolda Terkesan, Ini Ruangan “Mata-Mata” Pemkab Soppeng yang Mirip Star Wars

FOTO: Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menjelaskan fungsi ruangan SCC kepada Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mas Guntur Laupe, Kamis. (Istimewa)

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mas Guntur Laupe dibuat terkesan ketika dibawa Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mengunjungi sebuah ruangan gelap di lantai 1 Kantor Bupati Soppeng, Kamis (5/3/2020).

Di ruangan yang diberi nama Soppeng Command Centre (SCC) ini, terdapat belasan layar datar yang menampilkan situasi beberapa tempat di Soppeng. Mulai dari jalan-jalan protokol, ruang publik, layanan publik hingga kantor kantor kecamatan yang berada jauh di pelosok.

Ketika CELEBESTERKINI menyambangi tempat yang berada di sayap kiri Lobby Kantor Bupati Soppeng, Senin (17/2) lalu, juga sempat terkesima dengan ruangan ini.

Didominasi warna hitam dan orange, ruangan yang dikelola Diskominfo Soppeng ini seperti membawa kita ke masa depan. Didesain mirip dengan ruang-ruangan kontrol di Film Hollywood, Star Wars.

Mantan konsultan di Pemkab Soppeng, Dr. Nurmal Idrus, yang menemani CELEBESTERKINI, juga ikut terkesima. Padahal, Nurmal adalah salah satu pencetus ide membangun ruangan itu di 2015. “Ini tak seperti yang saya bayangkan. Dulu, saya hanya ingin ada ruangan dimana Bupati bisa mengontrol stafnya dari sebuah tempat tanpa meninggalkan kantor bupati,” katanya.

Namun, anak anak muda Soppeng yang membangun ruangan ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Andi Kaswadi Razak, untuk mengembangkannya. “Kami menyodorkan idenya dan Pak Bupati menambahkan beberapa bagian,” kata Asrar, salah seorang inisiator.

Dalam ruangan berukuran 4 x 12 meter ini, belasan layar lebar tersambung ke CCTV di seantero Soppeng. Enam orang operator setiap detik meneropong aktivitas warga Soppeng mulai dari ujung Marioriawa, Citta hingga Marioriwawo. Tersambung ke seluruh puskesmas, kantor camat, rumah sakit dan seluruh unit layanan. Ruangan juga tersambung ke operator 119, sebuah layanan cepat untuk semua musibah di Soppeng. Gerak cepat petugas bencana, pemadam kebakaran, gangguan kriminalitas hingga layanan darurat kesehatan. Satu yang unik, ruangan ini bisa memantau pergerakan ASN di Soppeng dan memantau mereka saat jam kerja. Termasuk diantaranya bertugas memata matai ASN di Warkop di jam kerja.

Boleh dikatakan, kendali layanan publik diatur penuh dari ruangan ini. Laporan masuk, dikelola, dan langsung dieksekusi, semua dari ruangan ini. Hebatnya, semua dikerjakan oleh anak anak muda Soppeng. Mereka bekerja dalam senyap dan tanpa banyak publikasi tetapi dirasakan kehadirannya di tengah masyarakat.

Ruangan ini bahkan kini tengah bersiap untuk dikembangkan lebih maju. Sistem e-kinerja yang saat ini mulai diterapkan di Soppeng, akan dikendalikan dari tempat ini. Jika ini bisa dilakukan mungkin inilah satu satunya di Indonesia.

Salah satu fungsi yang membuat Kapolda terkesan adalah kemampuan sistem dalam ruangan ini yang mampu membantu aparat keamanan dalam mendeteksi pelaku kejahatan. “CCTV-nya beresolusi tinggi jadi mampu mendeteksi nomor polisi kendaraan dan juga wajah pelaku,” kata salah seorang petugas di ruangan itu. (mg1)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru