Tuesday 27 September 2022
spot_img

Buang Sampah Sembarang Denda Rp 50 Juta, Legislator Ini Bilang Hanya Pajangan

  • DENDA – Pembuang Sampah di Makassar ternyata disiapkan denda besar. Namun karena tak pernah diterapkan anggota DPRD Makassar Muchlis Misbah minta direvisi saja. (HUMASDPRDMKS)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Dalam Perda No. 4 Tahun 2011 tengang Pengelolaan Sampah di Kota Makassar, ternyata ada pasal mengenai sanksi maksimal Rp 50 juta kepada pelanggar.

Namun, sejak 10 tahun pemberlakuannya tak pernah sekalipun pasal itu diterapkan pada pelanggar. Untuk itu, anggota DPRD Makassar Muchlis Misbah meminta agar Perda itu ditiadakan atau direvisi saja. ”Saya menilai, sebaiknya Perda ini direvisi. Karena sudah ada beberapa pasal yang tidak relevan, seperti denda 50 juta, itu tidak pernah dijalankan. Jangan sampai hanya jadi pajangan saja,” ujar Muchlis Misbah, dalam Sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah di Hotel Grand Town, Jalan Pengayoman, Kota Makassar. ”Harusnya diturunkan saja, supaya implementasinya jelas. Saya kira 100-500 ribu saja cukup, dan itu akan lebih efektif,” lanjutnya, Minggu (14/3/2021) siang.

Selain denda, Muchlis meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan inovasi dalam hal pengendalian sampah. Ia menilai, kapasitas tempat pembuangan akhir sudah over, sehingga pengelolaan harus lebih maksimal. ”Nah soal sosialisasi, kami siap lakukan itu, tentunya bersama pejabat setempat. Saya juga bersyukur, berkat perjuangan bapak ketua DRPD Makassar, Rudianto Lallo, kegiatan Sosialisasi Perda ini diperadakan. Jadi kita punya ruang untuk sosialisasi Perda ini,” tutupnya.

Sementara Fitriana Nur selaku Kasi DLH Kota Makassar mengatakan, persoalan sampah memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Akan tetapi, masyarakat bisa menjadi tonggak awal untuk menghentikan dampak negatif sampah. Tentunya, hal ini harus beriringan dengan sinergitas dengan Pemkot.

Persoalan sampah ini juga jadi keluhan Lurah Maccini, Elias. Ia mengeluhkan tumpukan sampah yang selalu muncul tiba-tiba, padahal truk baru saja beranjak dari lokasi pengambilan sampah. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru