Home / Daerah / Kesehatan / Utama

Senin, 16 Maret 2020 - 11:37 WIB

Berlakukan Protokol Kesehatan, Coffee Morning Pejabat Pemkab Soppeng Steril COVID-19

FOTO: Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak melewati proses uji suhu tubuh sebelum memimpin Coffee Morning pejabat Pemkab Soppeng di Watansoppeng, Senin (16/3). (Istimewa)

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Coffee Morning Pemkab Soppeng yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Senin (16/3), berjalan lain dari biasanya.

Pemkab memberlakukan protokol kesehatan pada acara itu untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 atau yang dikenal dengan Virus Corona. Ratusan pejabat pemkab yang akan mengikuti pertemuan tertahan di pintu masuk. Mereka diizinkan masuk ke ruang pertemuan jika telah melewati proses pemeriksaan dan sterilisasi. Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak yang akan memimpin pertemuan juga tak luput dari pemeriksaan. Suhu Kaswadi berada di bawah batas atas sehingga dinyatakan steril.

Baca Juga  Empat Tahun Dikeluhkan, Gub NA Umumkan Poros Soppeng - Sidrap Mulai Dikerja

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Sallang, S.KM, M.Kes, bahwa Screening ini berupa pengukuran suhu tubuh dan antisipasi awal sehubungan isu virus COVID-19 atau yang dikenal dengan virus corona yang kini sedang mewabah termasuk di Indonesia. “Kami menggunakan Termocheker infrared pen untuk ukur suhu tubuh para pesrta rapat yang akan masuk di Ruang Pola ini, termasuk Bapak Bupati, Sekda dan seluruh pimpinan SKPD” ungkap Sallang. Hasilnya, tak ditemukan peserta pertemuan yang suhu tubuhnya melewati angka normal.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menetapkan lima protokol pencegahan COVID-19 yang salah satunya dari aspek protokol kesehatan. Kemenkes mematok suhu 38 C sebagai titik demam. Pemerintah merujuk mereka yang demam ke RS terdekat. Kemudian, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker. Untuk kondisi darurat, bila bersin atau batuk di area umum tutuplah mulut dengan siku bagian dalam atau lengan baju bagian atas.  Masyarakat yang sakit juga dihimbau untuk tidak menggunakan transportasi umum untuk meminimalisir kemungkinan risiko penyebaran penyakit.

Baca Juga  Besok Kembalikan Formulir, Persetujuan DPP Mantapkan Langkah Supriansa ke Pencalonan

Apabila ditemukan ada yang memenuhi kriteria suspect COVID-19 (demam tinggi, flu, batuk), mereka akan dirujuk ke salah satu RS rujukan COVID-19 dan dirawat dalam ruang isolasi. Jika tidak memenuhi kriteria, penanganan akan menyesuaikan dengan rujukan dari dokter yang memeriksa. (mg2)

 67 total views,  3 views today

Share :

Baca Juga

Politik

Pilkada Lanjut, UMKM Sumringah

Kriminal

Sepakat Rp 900 Ribu Pijat Plus Tapi Minta Tambah Rp 200 Ribu, Terapis Monik Meregang Nyawa

Nasional

Indonesia Buat Takut Negara Tetangga, Lihat Kapal Pemburu Ranjau Pesanan Prabowo

SEPUTAR CELEBES

Vaksinasi COVID19, Lutra Akan Suntik 1.000 Orang per Hari

Politik

Pak Gub..! Calon Rival Anda di 2023 Sudah Siap

SEPUTAR CELEBES

Kelangkaan Pupuk, Petani Putar Otak Inovasi

Politik

Cerita Masker Koalisi Ketua DPRD Makassar

Utama

Setelah Terputus, Jalur Sinjai Tengah – Bulupoddo Kini Bisa Diakses
Chat Sekarang
Butuh Bantuan ?
Salam Kami Celebes Terkini.
Apa yang bisa kami bantu ?