Monday 26 September 2022
spot_img

Batasi Jamaah Haji, Arab Saudi Justru Gelar Konser Musik

KONSER MUSIK DI ARAB SAUDI – Kebijakan pembatasan kunjungan ibadah itu sebagai akibat pandemi covid19 menjadi dipertanyakan ketika negara ini justru aktif mengelar berbagai konser musik yang mendatangkan ribuan orang. (CNN)

CELEBESTERKINI.com, Jakarta – Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang membatasi kunjungan ibadah ke dua tanah suci di Madinah dan Makkah, ternyata berbanding terbalik dengan kebijakan mereka di sektor lain.

Kebijakan pembatasan kunjungan ibadah itu sebagai akibat pandemi covid19 menjadi dipertanyakan ketika negara ini justru aktif mengelar berbagai konser musik yang mendatangkan ribuan orang. Adalah ibukota Arab Saudi, Riyadh, menggelar konser saat pandemi virus Corona untuk kali pertama. Konser dihelat di sebuah restoran hotel berbintang.

Dikutip dari AFP, Senin (7/6/2021), ratusan orang berkumpul pada hari Kamis (3/6/2021) di sebuah hotel besar di Riyadh. Mereka menonton pertunjukan oleh diva Suriah Assala Nasri dan penyanyi Kuwait Nabeel Shuail.

Konser itu bukan saja spesial karena duo bintangnya itu. Konser tersebut juga menjadi konser pertama di Riyadh sejak pandemi Covid-19 menerpa Arab Saudi.

Sebelum pembatasan diterapkan setahun yang lalu untuk membendung penyebaran virus Corona, pemerintah Arab Saudi memang telah melonggarkan pembatasan hiburan selama beberapa dekade terakhir. Itu sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan citra kerajaan dan menarik wisatawan.

Sebagai gambaran, Arab Saudi telah menggelar konser bagi musisi internasional, dari Janet Jackson hingga 50 Cent dan grup pop Korea BTS, dalam empat tahun terakhir.

Pandemi virus Corona mengerem dorongan ambisius Arab Saudi untuk mengubah citra globalnya dan menarik wisatawan. “Ini adalah konser pertama yang diadakan di Riyadh,” kata salah satu penonton konser yang diadakan di sebuah restoran hotel besar di Riyadh.

“Kami datang dari Kuwait untuk menghadiri konser tersebut,” seorang turis Kuwait yang menyaksikan konser itu menimpali.

Arab Saudi secara resmi mencatat lebih dari 454.000 kasus infeksi virus Corona, dengan 7.408 di antaranya meninggal dunia.

Kendati menjadi konser pertama di Riyadh, konser itu bukan konser saat pandemi virus Corona pertama di Arab Saudi. Penyanyi tenor Italia Andrea Bocelli manggung pada bulan April di kota kuno Hegra di Saudi, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Terhadap pembatasan kunjungan jamaah itu, Indonesia bahkan harus kembali membatalkan pelaksanaan pemberangkatan jamaah Haji 2021 ini. (KMP/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru