Home / Daerah

Jumat, 31 Januari 2020 - 21:37 WIB

Banjir Datang, Lihat Apa yang Dilakukan Aparat di Soppeng

Foto: Pembersihan sampah di Jembatan Desa Kessing, Soppeng (fb bkks)

SOPPENG, CELEBESTERKINI – Sinergitas dan kolaborasi adalah kunci penanganan masalah. Hal itu pula yang membuat Presiden Joko Widodo dalam program nawacita menjadikan gotong royong sebagai sasaran pertama.

Jumat (31/1) hari ini, setelah diguyur hujan beberapa jam, Kabupaten Soppeng kembali nyaris tersapu banjir. Namun, kemampuan pengendalian dan mitigasi aparat di daerah ini patut menjadi contoh. Mereka belajar banyak dari kondisi serupa yang banyak menelan kerugian, awal Januari lalu. Hingga berita ini diturunkan, malam ini pukul 21.30, kondisi air sudah mulai surut.

Dikomandoi oleh Kepala Pelaksana BPBD Soppeng, Sahrani, beberapa personil dari tim reaksi cepat didukung personil Tagana Dinsos dan sejumlah petugas kepolisian dan TNI, mereka bekerja keras membersihkan sampah yang banyak menumpuk di aliran sungai.

Sampah – sampah itu menjadi penghambat aliran air sehingga meluber ke pemukiman penduduk. “Masalahnya tak melulu debit air yang tinggi. Pada beberapa bagian, terdapat sampah yang tertahan di jembatan dan membuat aliran air tak normal,” kata Sahrani, ketika memantau pembersihan sampah di Jembatan Desa Kessing, Donri-Donri, Soppeng, Jumat (31/1).

Bukan perkara mudah membersihkan sampah itu. Sebab sampah yang harus disingkirkan bukan sampah biasa. “Terdiri dari kayu dan bambu. Kayunya besar besar dan berat,” katanya.

Selain faktor sampah, banjir di Soppeng juga diakibatkan tingginya sedimentasi di beberapa sungai. “Tahun ini kami akan menormalisasi beberapa aliran sungai agar air lebih leluasa mengalir,” kata Kadis PUPR Soppeng, Andi Haeruddin.

Namun dari semuanya, kemampuan komunikasi antar lembaga menjadi penentu kesuksesan Soppeng dalam melakukan mitigasi bencana. “Kita sudah punya saluran komunikasi yang baik mulai dari bawah ke atas,” tukas Sahrani. (mal)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Lejja dan Tiga View “Surga”

Daerah

Tetap Jadi Idola Emmak-Emmak, Supriansa Yakinkan Dirinya Konsisten

Daerah

Jangan “Mencuri”, Lihat Cara BPK Periksa Fisik Proyek

Daerah

Bupati Amran Sampaikan Tekadnya Akan Menjaga Wajo dari Serangan COVID-19

Daerah

DPPKAD Soppeng Putar Otak Tingkatkan PAD

Daerah

Lihat, Aksi-Aksi Berani TRC Soppeng Tebang Pohon Raksasa

Daerah

Lagi, Amran Kembali “Jual” Oto Dottoro

Daerah

Perangi DBD, Warga Puji Quick Respon Puskesmas Malaka