Tuesday 27 September 2022
spot_img

Awas, Penderita HIV di Sinjai Capai 22 Orang

  • HIV AIDS – Antisipasi serius perlu disiapkan segera oleh Pemkab Sinjai. Data menunjukkan angka penderita HIV di daerah ini terus menaik. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Sinjai – Ancaman penyakit AIDS kini serius di Kabupaten Sinjai. Meski angkanya masih tergolong rendah, namun data kuantitas penderita terpantau meningkat dari waktu ke waktu.

Berdasarkan data yang dilansir laman Sinjaikab dari Dinas Kesehatan, kasus HIV didaerah ini sejak 2020 terus mengalami peningkatan. Tahun 2020 sebanyak 20 kasus, tahun 2021 sebanyak 32 kasus. Hingga bulan Juni 2022, sudah ditemukan 22 kasus.

Untuk mencegah dan menangani kasus HIV/AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPAD) Kabupaten Sinjai menggelar rapat koordinasi (rakor) di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Kamis (14/07/2022) pagi.

Dilansir dari laman alodokter.com, HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong menyebut hal ini perlu segera mendapat penanganan serius dari Pemkab Sinjai jika tak ingin berubah berbahaya. “Kita harus menyatukan visi dan tekad agar ke depan masalah penyebaran HIV bisa ditangani dengan cepat,” katanya. (*/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru