Tuesday 06 December 2022
spot_img

Awas, “Begal” Parpol

FOTO: Bendera parpol pada masa kampanye Pemilu 2019 lalu. (INT)

MAKASSAR, CELEBESTERKINI – Mantan Wakil Gubernur Sulsel yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulsel 2018, Agus Arifin Nu’mang, uring-uringan. Penyebabnya, dia gusar adanya lontaran menyakitkan ke kubunya tentang “begal” parpol pendukung.

“Janganlah menuduh seperti itu (begal dukungan). Kita kan mau pilkada yang aman dan beretika. Wajar kan jika parpol mendukung kami,” katanya.

Di detik akhir jelang pendaftaran ke KPU, secara mengejutkan dua parpol besar merapat ke Agus yang berpasangan Tanri Bali Lamo. Partai Gerindra yang sebelumnya akrab dengan pasangan Nurdin Abdullah – Sudirman Sulaiman dan PPP yang digadang gadang pasangan IYL – Cakka, ternyata digaet Agus – Tanri. Kondisi itu kemudian memuculkan isu adanya begal dukungan parpol di Pilkada Sulsel, ketika itu.

Kondisi ini bisa saja terulang di 12 daerah yang akan menggelar pilkada di Sulsel, terutama Kota Makassar. “Potensi saling begal sepertinya besar terutama Pilwali Makassar,” kata Rahmat Hidayat, peneliti dari lembaga konsultan Nurani Strategic, Jumat (21/2).

Kondisi Makassar katanya, sangat rawan untuk saling begal karena banyaknya figur yang berebut dukungan parpol. “Kursi kan terbatas, sementara figur yang bertarung lebih banyak. Ini akan melahirkan hukum pasar dimana harga tertinggi yang akan menang,” tambahnya.

Maka, dia memprediksi akan ada beberapa parpol yang nanti membelokkan dukungannya pada detik-detik akhir pencalonan. “Akan ada yang tiba-tiba membelokkan dukungan. Jadi surat tugas atau rekomendasi yang dipegang hari ini belum tentu akan berlanjut. Parpol kan juga melihat survey terakhir dan potensi untuk menang, dan tentu saja pertimbangan mahar,” tukasnya.

Hingga hari ini, di 12 pilkada di Sulsel sudah ada empat parpol yang menyerahkan rekomendasi. Mereka adalah PDIP yang sudah memfinalkan Selayar dan Bulukumba, PPP yang mengeluarkan rekomendasi untuk Bulukumba dan Gowa, Nasdem yang sudah mengunci Soppeng, Toraja, Toraja Utara, Makassar, Barru dan Maros. Sementara PAN baru memfinalkan Makassar. (mg2)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru