Saturday 10 December 2022
spot_img

ASS Bidik 7 Juta Vaksinasi, Segera Wujudkan Sulsel Herd Immunity

BIDIK 7 JUTA VAKSINASI – PLT Gubernut Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) meyakini akan mencapai kekebalan mayoritas untuk COVID19 pada warga Sulsel. Itu jika target 7 juta vaksinasi bisa dicapai. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) membidik target tinggi dalam vaksinasi total COVID19 untuk warga Sulsel.

Dalam keterangan resminya, Kamis, 15 Juni 2021, hari ini, salah satu gubernur termuda di Indonesia ini menargetkan angka 7 juta penduduk Sulsel yang akan menerima vaksinasi setidaknya hingga setahun mendatang. “Kita kini menyasar pelajar SMP dan SMA serta segmen lain seperti lansia dan tenaga kesehatan dalam upaya kita mencapai angka 7 juta vaksinasi,” katanya.

Angka itu terbilang optimis dan tinggi. Pasalnya, dengan berbagai kendala dalam vaksinasi saat ini, target itu tak mudah untuk dicapai. Namun, jika mampu mencapainya maka ini menjadi kemajuan luar biasa sebab angka itu membuat Sulsel bisa dikatakan sudah mencapai target kekebalan mayoritas atau Herd Immunity.

Data terbaru per akhir Juni 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menggencarkan vaksinasi Covid-19. Pasalnya, vaksinasi Covid-19 di Sulsel baru menjangkau 780.766 orang atau 51,82 persen.

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, berdasarkan data dinas kesehatan, perkembangan vaksinasi Covid-19 mencapai angka 780.766 orang atau 51,82 persen. Ia mengaku Pemprov Sulsel menargetkan 1.506.638 warga Sulsel bisa mendapatkan vaksinasi. “Alhamdulillah, per tanggal 28 Juni 2021, sudah 51,82 persen yang telah menjalani vaksinasi Covid-19,” katanya kepada wartawan, Selasa (29/6).

Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru