Saturday 10 December 2022
spot_img

Aroma Mistis di Balik Hilangnya Eva, Ditemukan Bersandar Lemah di Dinding Gua

EVAKUASI PENDAKI HILANG – Tim pencari dan penolong memberikan pertolongan pertama kepada pendaki perempuan bernama Eva yang dinyatakan hilang sejak Minggu (6/6). Ia ditemukan, Rabu (9/6) siang ini. (istimewa)

CELEBESTERKINI.com, Maros – Pendaki perempuan atas nama Eva, akhirnya ditemukan, Rabu (9/6) siang. Wanita berparas ayu ini dinyatakan hilang ketika menggelar sesi pendakian bersama sejumlah rekannya, di Gunung Abbo, Lingkungan Panaikang, Kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Minggu, 6/6, siang.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan Eva ditemukan setelah 72 jam lebih atau tiga hari pencarian sejak dinyatakan hilang. “Kita temukan dalam keadaan selamat sekitar pukul 16.00 Wita, setelah adanya penemuan jaket korban di sekitar wilayah penemuan. Terdapat lumpur di jaket tersebut sehingga diperkirakan korban ada di jurang,” ujar Djunaidi, kepasa sejumlah media.

Aroma mistis menyeruak dari penemuan Eva itu. Pasalnya, ia ditemukan di sebuah gua berjarak 2 KM dari titik dugaan ia menghilang sebuah sungai kecil di Gunung Abbo. Menurut keterangan rekan-rekannya, Eva awalnya hanya akan membuang air kecil di sungai yang hanya berjarak sepelemparan batu dari titik kumpul terakhir dengan rekan-rekannya. Namun, entah mengapa ia justru berjalan ke lain arah dan menjauh dari titik posko bersama rekan-rekannya itu. Kawasan Gunung Abbo oleh warga sekitar selama ini memang dikenal angker.

Bau Arifah alias Eva ditemukan oleh tim search and rescue (SAR) gabungan dengan selamat dalam kondisi yang sangat lemah dan terluka. Awanya, Tim SAR gabungan yang menyisir lokasi pencarian bagian timur tiba-tiba mendengar suara. Sigap tim pencari langsung memeriksanya. “Kami mendengar suara. Setelah kami dekati sambil memanggil nama korban. Ternyata, memang betul korban,” kata salah satu tim SAR gabungan Ari yang menemukan korban.

Ari bilang, korban ditemukan tengah duduk dan bersandar didinding didalam sebuah gua dengan kondisi yang sangat lemah. “Lemah sekali, korban hanya memanggil ibunya dan berucap allhamdulillah saya masih hidup,” lanjut Ari seperti dilansir aksaraberita.

Sebelum ditemukan, tim menemukan tanda terakhir yang ditinggalkan Eva yaitu sebuah jaket. Tanda itu menuntun tim untuk terus mendekatinya hingga seorang anggota tim mendengar rintihannya dari dalam sebuah gua.

Eva dan tim pencari sebelum ditemukan. (ist)

Komandan tim (Dantim) operasi SAR gabungan Dadang, mengapresiasi kerja keras dari seluruh tim yang ikut dalam operasi pencarian kali ini. “Sebelum korban ditemukan, tim penyisir pertama menemukan jaket yang dikenakan korban. Lokasinya tidak jauh dari korban hilang,” beber Dadang.

Dari temuan tersebut. Kembali dilakukan koordinasi ke seluruh tim kemudian wilayah penyisiran diperluas. Seluruh personel SAR gabungan langsung dikerahkan.

Eva sendiri berada di Gunung Abbo itu dalam rangka membicarakan program komunitas Mandara Rescue. Tiba dilokasi pada hari sabtu 5 Juni 2021 malam, dan dinyatakan hilang pada minggu 6 Juni 2021 siang sekitar pukul 12.00 wita.(*/mal)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru