Monday 26 September 2022
spot_img

Antisipasi Kartel Harga di Pinrang, KPPU Temui Bupati

PANTAU – Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid menunjukkan kepada KPPU pemanfaatan teknologi untuk memantau pergerakan harga komoditas di wilayahnya di Command Room Kantor Bupati. Hal itu membuat ia bisa dengan mudah mengantisipasi jika ada gejolak harga. (PINRANGKAB)

CELEBESTERKINI.com, Pinrang – Mengantisipasi pemainan harga yang biasa dijalankan dengan praktek kartel di Pinrang, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah VI Sulampua, Hilman Pujana, menemui secara khusus Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid, di kantornya, Kamis (30/4).

Dalam pertemuan itu, Hilman mengungkapkan pihaknya mengawasi stok pangan sampai kepada distribusinya untuk wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulamoua) yang merupakan salah satu tugas dari lembaga yang dipimpinnya. “Tugas kami untuk mengeleminasi praktek – praktek monopoli harga di pasaran” ungkap Hilman.

Bupati Pinrang Irwan Hamid sendiri menjelaskan bahwa mengantisipasi permainan harga itu pihaknya menempuh kebijakan khusus terkait harga komoditas barang dimana salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Sebuah aplikasi, lanjut Bupati Irwan, dibangun untuk memantau harga komoditas barang di berbagai pasar tradisional di Kabupaten Pinrang. “Kami menggunakan aplikasi, datanya tiap beberapa hari diupdate untuk mengetahui harga aktual di lokasi dan menjadi salah satu referensi kami untuk mengambil kebijakan” ungkap Bupati Irwan.

Aplikasi ini juga dapat diakses oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat membandingkan jenis komoditas yang sama di lokasi pasar yang berbeda. “Ini membuat harga kami bisa pantau setiap saat dan jika ada pergerakan harga tak biasa maka kami bisa mengantisipasinya dengan cepat,” tuturnya. (*/mal)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru