Home / Utama

Minggu, 29 Desember 2019 - 08:41 WIB

AKAR Disebut Bupati Paling Peduli Perantau

CELEBESTERKINI, KENDARI — Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak mendapat julukan baru sebagai bupati paling peduli perantau. Hal itu tak terbantahkan karena dalam setahun terakhir bupati yang akrab dipanggil AKAR ini telah berkeliling Indonesia menyambangi warga Sulsel dan Soppeng di seantero nusantara.

Setelah mengunjungi Papua dan Kalimantan Utara beberapa waktu lalu, Akar kembali mengunjungi warganya di Kendari dan Konawe, Sultra, Sabtu (28/12). Dalam rilis yang disampaikan Kominfo Soppeng, salah seorang warga pendatang, Iwan, mengaku sangat gembira dengan kedatangan bupati. “Beliau sangat peduli. Kami yang dirantau ini sangat gembira dengan kedatangan beliau,” ujarnya

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dengan KKS Sulawesi Tenggara juga menghadiri pengukuhan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dan Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) Kabupaten Konawe, Minggu (29/12/2019) hari ini.

Kaswadi berangkat ke Unaaha bersama Ketua DPRD Soppeng, Syahruddin Adam, S.Sos, Ketua PKK Pemkab Soppeng, Hj Nurjannah dan didampingi Kadis Kominfo Soppeng, Drs Sarianto, MSi.

Rombongan Bupati Soppeng berangkat ke Kabupaten Konawe melalui jalur udara dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Rombongan tiba d Bandara Haluoleo Kendari, Sabtu (28/12/2019) pukul 20.00 Wita.

Saat tiba di Kendari, Bupati Soppeng dan rombongan disambut ratusan warga perantau Soppeng yang bermukim di Kendari.

Bukan itu saja, Andi Kaswadi juga disambut tokoh masyarakat Sulsel di Kendari, Andi Patarai Tjullang SH dan Kepala BKD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs La Ode Mustari, mewakili Gubernur Sultra. Mustari adalah mantan Plt Sekprov Sultra.

“Tadi malam Bapak Bupati tiba di Bandara Haluoleo Kendari sekitar pukul 20.00 Wita dan dijemput langsung oleh pengurus KKS,” kata Kadis Kominfo Soppeng, Sarianto dalam rilisnya.

Ia mengatakan,  yang ikut menyambut adalah Dirlantas Polda Sultra, Kombes Pol Faisal Adam,S.Ik yang merupakan putera kelahiran Soppeng. Faisal Adam juga kerabat dekat Ketua DPRD Soppeng, Syahrudin Adam.

Sarianto menjelaskan, agenda Bupati Soppeng selama berada di Sultra selain silaturahim dengan KKS Sultra, juga rencananya menghadiri kegiatan pengukuhan Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS dan KKS Konawe, Minggu (29/12/2019).

Ratusan warga asal Kabupaten Soppeng juga hadir. Mereka mengantar bupati ke salah satu hotel di Kendari. Setelah itu rombongan menuju salah satu warkop untuk berdiskusi dan bertatap muka langsung dengan warga Soppeng di Kendari.

Dalam pertemuan ini, Kaswadi dengan santai bersenda gurau dengan warga Soppeng. Tidak hanya warga Soppeng di Kendari yang ikut ngopi bersama bupati. Bahkan ada yang datang dari Konawe.

Ketua LSM Pelita Nusantara, Rahman Danri, menyebut kunjungan intens ke perantau yang dilakukan bupati Soppeng bernilai positif. “Itu strategi pemerintahan yang patut dicontoh pemimpin lain. Bupati Soppeng menyadari keterbatasan sumber daya di daerahnya dan kemudian menemukan cara menarik dana lebih besar masuk ke Soppeng” katanya ketika ditemui di salah satu Warkop di bilangan pelita Makassar, Minggu pagi.

Dampaknya, dengan mendekati perantau maka Soppeng bakal kebanjiran dana segar. “Saya dengar Pak Bupati sukses membuat beberapa kesepakatan investasi dengan para perantau. Itu strategi yang bagus karena perantau itu memang pemilik modal,” tukasnya. (Mg1- tim berani)

Share :

Baca Juga

Nasional

Saudi Kirim Sinyal Haji 2020 Ditunda, Sulsel Siapkan Dua Skenario

Utama

Beraninya, Istri Selingkuh di Ranjang Suami

Daerah

Bupati Amran Sampaikan Tekadnya Akan Menjaga Wajo dari Serangan COVID-19

Daerah

Tahun ini, Soppeng Punya Universitas Pertama

Makassar

Pendapatan Rp 8 Juta/Hari, Ini Curhat Direksi Perusda Terminal

Daerah

KPK Rilis Kepatuhan LHKPN, DPRD Soppeng Paling Patuh

Politik

Langkah Pertama, Amirullah Nur Memohon Restu Anak Yatim Piatu

Utama

Nurmal dan Duit 80 M di Pilwali Makassar