Monday 26 September 2022
spot_img

Agar Makassar tak Tenggelam, Ini Kolam Nipa-Nipa yang Akan Diresmikan Jokowi Hari Ini

  • BANJIR – Kolam Regulasi Nipa-Nipa terlihat indah. Kolam yang akan diresmikan Presiden Jokowi, Kamis 18 Maret 2021, hari ini, adalah salah satu penyelamat Kota Makassar dari terjangan banjir. (FOTO: SOMPECILA)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Mungkin tak banyak yang tahu keberadaan Proyek Kolam Regulasi Bila – Nipa ini. Padahal, keberadaan kolam yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis, 18 Maret 2021 hari ini, sangat vital bagi Makassar, demikian pula Maros dan Gowa.

Berada di Nipa – Nipa tepat di belakang Antang, lokasi ini bisa dijangkau dari arah Maros yaitu Batangase serta dari Makassar via Antang. Keberadaan kolam ini mampu menghindarkan Makassar dari ancaman air bah. Tumpahan air dari wilayah Gowa dan Maros, ditangkap kolam ini sebelum menerjang Kecamatan Manggala, Panakkukang, Biringkanaya, Tamalanrea dan Tallo. Kolam inilah yang menjadi pahlawan dari terbebasnya kawasan padat di BTP dari terjangan air menahun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) telah menyelesaikan pembangunan Kolam Regulasi Nipa-Nipa ini dan diharapkan mampu mereduksi banjir sebesar 157 m3/detik atau 33% dari debit banjir rencana 25 tahun (Q25) = 481,83 m3/detik sehingga debit banjir yang mengalir di hilirnya mampu ditampung oleh Sungai Tallo. Sedangkan untuk meningkatkan kapasitas tampung Sungai Tallo akan dilakukan Normalisasi Sungai dan Tanggul sepanjang 3 kilometer pada tahun 2022.

Kolam Nipa-Nipa diharapkan mampu mengurangi resiko banjir pada 6 Kecamatan, yakni Patalassang, Moncongloe, Manggala, Panakukang, Tallo, dan Tamanlanrea.Kolam Regulasi Nipa-Nipa yang dibangun dengan dana mencapai Rp 320 miliar ini memiliki luas 83,93 Ha dengan kapasitas tampung sebesar 2,74 juta m3, akan menyimpan air untuk sementara waktu selama terjadi puncak banjir melalui pelimpah (spillway) dan mengalirkannya kembali ke hilir Sungai Tallo melalui pintu pengatur dan atau pompa air.

Kolam Regulasi Nipa-Nipa ini dibangun sejak tahun 2015 hingga 2019 dibawah tanggungjawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jenebarang dengan kontraktor PT. Adhi Karya dan Rezeki-Nur Ali Mandiri, KSO dengan anggaran sebesar Rp 321 miliar. (sah/ren)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru