Wednesday 01 February 2023
spot_img

Ada Perbedaan Data Pemilih dan RT, Ini Sikap Bawaslu Makassar

Kegiatan e-coklit data pemilih yang dilakukan KPU Makassar, beberapa waktu lalu. Dari kegiatan ini KPU menemukan banyak data Pemkot Makassar yang bermasalah. (kpumakassar)

CELEBESTERKINI.com, Makassar – Terungkapnya perbedaan data KPU Makassar dengan data Didukcapil Kota Makassar mengenai jumlah pemilih dan besaran Rukun Tetangga (RT), mendapat atensi khusus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar.

Ketua Bawaslu Makassar, Nursari, menyebut perbedaan itu krusial dan wajib segera dituntaskan jelang Pilwali Makassar, 9 Desember 2020. Hal ini menjadi penting bagi Bawaslu untuk melakukan pengetatan dalam pengawasan pada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih yang akan dimulai tanggal 15 Juli 2020. “Bagi Bawaslu perbedaan ini sangat krusial untuk menimbulkan kerawanan pelanggaran dan serta pemanfaatan data dalam melakukan pelanggaran pemilu,” katanya.

Untuk itu, Bawaslu Makassar akan memaksimalkan potensi jajarannya untuk mengawal proses coklit yg akan dilaksanakan oleh KPU. “Di proses coklit oleh PPDP kami akan melakukan pengawasan melekat. Mari kita wujudkan Pilkada yang legitimate dan berintegritas,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat menggelar rapat koordinasi Pilwali Makassar, di Kantor Walikota Makassar Jum’at (12/06/2020), terungkap adanya perbedaan data antara yang dimiliki KPU Makassar dengan Pemkot.

KPU menyampaikan data DP4 yang diperoleh dari Pemkot Makassar beberapa bulan lalu ditemukan banyak masalah. “Diantaranya ada nama yang tak sesuai dengan NIK, alamat berbeda, dan usia pemilih,” kata Ketua KPU Makassar, Farid Wajid.

Sinkronisasi yang dilakukan oleh KPU menggunakan e-coklit menemukan 256 RW dan 2863 RT yang tidak jelas dari data awal dari DP4. “Kami juga menemukan ada 2.000 an pemilih yang bermasalah,” katanya. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru