Wednesday 01 February 2023
spot_img

Ada Figur Premium di Pilkada Soppeng, Siapa Dia?

  • PREMIUM – Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, melihat ada figur dengan keunggulan tinggi dari sisi elektabilitas di Pilkada Soppeng. Siapa figur yang ia maksud itu. (ist)

CELEBESTERKINI.com, Soppeng – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng, sejatinya baru akan dihelat November 2024 mendatang. Namun, gaungnya sudah membahana sejak beberapa bulan terakhir.

Sudah tak ikutnya petahana Andi Kaswadi Razak, memicu keinginan yang besar dari banyak figur untuk ikut berkompetisi.

Dimintai pendapatnya terkait Pilkada Soppeng, Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus, mengatakan kontestasi mendatang akan lebih keras dari pilkada-pilkada sebelumnya. “Tak adanya petahana berarti juga tak akan ada yang dominan. Petahana selama ini dominan karena mengendalikan banyak komponen yang bisa memengaruhi pilihan pemilih,” kata mantan konsultan Akar Super di Pilkada Soppeng 2015 ini, di Makassar, Kamis, 29 Desember 2022.

Namun, Dosen Unipol Soppeng yang juga mantan Ketua KPU Makassar ini mengatakan meski tak ada petahana ikut serta, dirinya melihat ada figur yang mendekati predikat sebagai calon premium. “Di kalangan konsultan politik kita biasa mengenal seorang figur premium. Figur itu punya dua kelebihan yaitu punya elektabilitas di atas 30 persen dan juga punya keunggulan elektabilitas dari pesaingnya di atas 15 persen. Meski masih dini, berdasarkan riset terakhir kami, ada figur yang mendekati predikat itu di Soppeng. Jika terus bertahan seperti itu, maka dia akan memenangkan pilkada Soppeng dengan mudah,” tambahnya.

Namun, ia menolak membeberkan siapa diantara figur itu yang punya predikat premium. “Konstestasi masih panjang dan masih ada Pemilu yang mengantarainya. Ada banyak hal yang bisa terjadi terutama struktur kursi di DPRD yang merupakan hasil pemilu 2024 yang akan berperan membentuk komposisi calon di Pilkada nanti,” tukas Nurmal yang juga banyak disebut-sebut sebagai calon wakil bupati ini. (sah/ren)

Artikel Terkait
- Advertisment -

Tetap Terhubung

512FansSuka
0PengikutMengikuti
26PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Komentar Terbaru